Jadi Prioritas Riset Nasional, Ini Tujuan dan Manfaat Satelit Konstelasi Orbit Rendah
By admin, 12 Feb 2020
Kepala Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat), Mujtahid memaparkan tujuan dan manfaat satelit konstelasi orbit rendah yang menjadi Prioritas Riset Nasional (PRN). Disampaikannya, satelit ini dibangun dengan misi untuk mendukung sistem komunikasi data dan sistem komunikasi kebencanaan di Indonesia.

“Dalam sistem komunikasi kebencanaan, satelit berfungsi sebagai penerima data sensor seperti sensor pasang surut, tsunami buoy, geomagnet, weather station dan seismograf yang tersebar di seluruh Indonesia,” ujar Mujtahid, dalam acara Sosialisasi Rencana Strategis (Renstra) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Tahun 2020-2024 di Pusat Teknologi Satelit Jalan Cagak Satelit No 8 KM 0,4 Ranca Bungur, Bogor, Rabu 12 Februari 2020.

Sementara pada fase tanggap darurat, lanjutnya, satelit mampu mendukung komunikasi suara dan data saat terjadi bencana. Sebagai misi tambahan, satelit komunikasi ini nantinya dapat memonitor pergerakan kapal dan pesawat.

“Jadi muatan lainnya ada AIS (Automatic Identification System) dan ADS-B (Automatic Dependent Surveillance-Broadcast),” tutur Mujtahid.

Ia menjelaskan, misi yang dibawa satelit konstelasi orbit rendah sudah berdasarkan kebutuhan pengguna. Oleh karenanya, keberadaan satelit ini mampu mendukung seluruh instansi yang bergerak di bidang kebencanaan seperti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan lainnya.

“Sehingga tujuan akhinya adalah meningkatkan kemandirian bangsa dalam bidang teknologi satelit sehingga tidak selalu bergantung pada satelit negara lain,” tukas Mujtahid.

Menurutnya, pada tahun ini pengerjaan satelit difokuskan pada desain satelit, desain ground station dan desain user terminal. Hasil akhirnya adalah desain awal satelit.

“Karena sudah jadi PRN, pengerjaannya sudah harus dilakukan,” tutup Mujtahid.