Ingin Tau Perkembangan Satelit, EMSIST Brazil Kunjungi Pusteksat
By admin, 07 Nov 2019
EMSISTI Space Systems and Technology Brazil, Marcelo Essado yang juga penggiat amatir radio berkesempatan berkunjung ke Pusat Teknologi Satelit, Jalan cagak Satelit 0.4 KM, Ranca Bungur, Bogor, Jawa Barat, Kamis 7 November 2019.

Dalam Kunjungan tersebut Marcelo ingin mengetahui lebih detail mengenai hasil litbangysa satelit yang dikembangkan oleh LAPAN. Ia jauh-jauh dari Brazil datang ke Indonesia untuk mengetahui Voice Repeater (VR) yang menjadi muatan satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI. VR ini lah yang kerap dimanfaatkan penggiat amatir radio di Brazil.

Marcelo Essado bersama istri disambut oleh Kepala Bidang Diseminasi Pusteksat, Wahyudi Hasbi bersama Perekayasa Pusteksat Mukhayadi di Ruang Rapat Teraa. Mereka mendapat pemaparan tentang hasil penelitian yang dilakukan oleh Pusteksat.

Wahyudi menjelaskan tentang satelit yang sudah diluncurkan dan akan diluncurkan. “Tiga Satelit LAPAN sudah ada di orbit. LAPAN-A1/LAPAN-Tubsat, LAPAN-A2/LAPAN-ORARI dan LAPAN-A3-LAPAN IPB direncanakan satelit LAPAN-A4 diluncurkan tahun depan 2020,” paparnya


Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI (IO-86), lanjut Wahyudi adalah satelit yang selama ini digunakan dalam komunikasi amatir. Selain membawa muatan VR, satelit ini bisa digunakan dalam pemantauan kapal laut karena membawa muatan Automatic Identification System (AIS). Satelit ini juga dapat memantau rupa bumi menggunakan Spacecam.

“Sudah banyak data yang dihasilkan berupa kota-kota besar suatu negara yang dilewati dalam lintasan ekuatorial, khatulistiwa” ujar Yudi.

Setelah diskusi, acara diakhiri dengan mengunjungi fasilitas-fasilitas Pusteksat, seperti Assembly Integration and Test ( AIT) dan Mission Control Center ( MCC). (edrbgr)