Bimtek Komunikasi Radio Genggam LAPAN Ramaikan PIF 2019
By admin, 05 Oct 2019
Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) bersama Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) kembali mengelar “Bimtek Komunikasi Melalui Satelit LAPAN-A2/ LAPAN-ORARI (IO-86) dengan Radio Genggam” dalam acara Puspitek Innovation Festifal (PIF) 2019, di Gedung Graha Widya Bhakti PUSPITEK, Tangerang Selatan, Banten, Selasa 5 Oktober 2019. Kegiatan ini diikuti oleh para pelajar, mahasiswa, maupun publik yang tertarik terhadap komunikasi satelit.

Bimtek komunikasi ini bertujuan untuk mengenalkan teknologi satelit LAPAN kepada masyarakat, khususnya mengenai sistem komunikasi nirkabel melalui satelit sebagai sarana komunikasi alternatif ketika terjadi bencana. Sistem komunikasi nirkabel ini bisa digunakan oleh masyarakat umum karena penggunaannya yang praktis, mudah dan ekonomis.



Acara dimulai dengan pengenalan LAPAN yang disampaikan oleh Kepala Subbagian Komunikasi Edukasi, Unggul Satrio Yudotomo. Dalam pemaparannya ia menyampaikan tentang visi misi serta tugas pokok LAPAN untuk menjadi Pusat Ungulan Penerbangan Dan Antariksa. LAPAN memiliki empat pilar utama, yaitu Bidang Sains Antariksa dan Atmosfer, Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Penginderaan Jauh, serta Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa

“LAPAN saat ini sudah berhasil membuat satelit, yang saat ini sudah berada di ruang angkasa yaitu satelit LAPAN-A1/LAPAN-Tubsat, Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI, Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB dan saat ini sedang membuat satelit LAPAN-A4 yang peluncurannya direncanakan tahun 2020. Selain satelit LAPAN juga membuat roket, pesawat serta pengembangan aplikasi seperti SEMAR, SADEWA, ASTINA, SIMBA, SENTANU, SIPANDA, SWIFTS, SATELITKU dan lain,” ujar Unggul Satrio Yudotomo.


Sementara itu Peneliti Pusteksat sekaligus anggota ORARI, Sonny Dwi Harsono-YD1SCC menjelaskan salah satu muatan dari Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI. Muatan Voice Repeater (VR) ini berguna dalam komunikasi kebencanaan dan sudah terbukti digunakan dalam laporan gempa di Lombok dan Palu setahun silam.

Sebelum melakukan praktik langsung komunikasi satelit, para peserta mendapat penjelasan tentang cara pengoperasian gerak antena, cara berkomunikasi serta pengunaan software yang mendukung komunikasi VR.

“Untuk menentukan arah antena, para peserta bisa menggunakan aplikasi yaitu AmsatDroid, bisa didownload di google play. Dalam aplikasi tersebut arah datang serta lintasan satelit bisa diprediksi jadi komunikasinya bisa dilaksanakan dengan jelas” ucap Sonny Dwi Harsono-YD1SCC.

Setelah mendapat materi, para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk praktik melakukan komunikasi menggunakan Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI dengan radio genggam.

Acara Puspitek Innovation Festifal (PIF) yang bertema “Innovation Without Limits” ini menampilkan ‘highlight’ pengembangan karya inovasi bagi perempuan dengan sub-tema “Perempuan Bicara Inovasi, Perempuan yang Menginspirasi”. Acara dilaksanakan pada 3-6 Oktober 2019. (edrbgr)