Mendapat Penjelasan tentang Satelit, Mahasiswa IPB Tertarik PKL di Pusteksat
By admin, 08 Sep 2019
Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) menghadiri undangan pameran dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) pada 7-8 September 2019. Kegiatan tersebut dilakukan di pelataran kampus IPB.

Kegiatan pameran ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi satelit kepada para mahasiswa, khususnya mahasiswa baru Angkatan 2019. Tujuan lainnya yaitu untuk mensosialisasikan satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB. Seperti diketahui, satelit generasi ketiga milik Pusteksat LAPAN ini sudah dikerjasamakan dengan IPB.

Para mahasiswa terlihat antusias mendengarkan pemaparan dari Peneliti Muda Pusteksat, Dwiyanto serta Humas Pusteksat, Endar, Lia dan Desy. Pemaparan materi tentang satelit menjadi lebih menyenangkan karena para mahasiswa aktif bertanya.

Setelah mendengarkan pemaparan materi tentang satelit dan Pusteksat, beberapa mahasiswa tertarik untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di satu-satunya lembaga pemerintah yang mengembangan satelit. Selain lokasinya yang tidak jauh dari IPB, persyaratan untuk PKL pun tidak sulit yaitu membuat Surat Permohonan PKL dengan menyertakan CV dan proposal penelitian.

Salah seorang mahasiswa IPB, Vita menyatakan dirinya tertarik untuk PKL di Pusteksat. Ia berharap keinginannya tersebut bisa disambut baik oleh Pusteksat.

“Saya dari fakultas fisika dan saya tertarik PKL di Pusteksat. Mudah-mudahan dalam waktu dekat judul proposalnya sudah ada,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Farhan. Ia ingin PKL di Pusteksat karena memiliki minat dalam bidang keantariksaan.

“Kebetulan saya tertarik dengan antariksa dan di Bogor ada Pusteksat, mudah-mudahan saya bisa diterima,” tukasnya.