Puluhan Siswa SMAN 4 Kabupaten Tangerang Belajar tentang Satelit
By admin, 05 Sep 2019
Sebanyak 37 siswa SMAN 4 Kabupaten Tangerang berkunjung ke Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) di Jalan Cagak Satelit Nomor 8 KM 0,4 Rancabungur, Bogor, Kamis 9 September 2019. Rombongan tiba di satu-satunya lembaga yang mengembangkan teknologi satelit di Indonesia sekitar pukul 09.00 WIB.

Mereka disambut langsung oleh Kasubag SDM dan TU Pusteksat, Sujiati. Ia mengucapkan terima kasih kepada SMAN 4 Kabupaten Tangerang yang telah berkunjung ke Pusteksat. Sujiati berharap para siswa mendapat motivasi untuk menjadi peneliti dan perekayasa LAPAN selanjutnya.

“Terima Kasih sudah berkunjung. Mudah-mudahan beberapa tahun ke depan adik-adik yang duduk disini bisa menjadi peneliti dan perekayasa LAPAN,” ucapnya.

Bertempat di Ruang Rapat Galaxy, para siswa dikenalkan dengan LAPAN. Sujiati menjelaskan, LAPAN merupakan lembaga penelitian, pengembangan dan perekayasaan (litbangyasa) kedirgantaraan dan antariksa.
“Khusus untuk Pusteksat, kami melakukan litbangyasa teknologi satelit,” tuturnya.

Selain pengenalan lembaga, para siswa juga mendapat pemaparan materi mengenai satelit dari Perekayasa Pusteksat, Isma. Dijelaskannya, Pusteksat memiliki tugas membuat satelit buatan yang tujuannya untuk melakukan pemantauan bumi, monitoring posisi kapal, serta komunikasi kebencanaan.

“Satelit alami itu bulan, sementara satelit buatan itu seperti satelitnya Pusteksat yaitu LAPAN-A1/LAPAN-Tubsat, LAPAN-A2/LAPAN-ORARI dan LAPAN-A3/LAPAN-IPB. Masing-masing satelit memiliki misi. Orbitnya pun berbeda, ada yang polar dan da juga yang ekuatorial,” tuturnya.

Setelah pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Para siswa juga berkesempatan berkunjung ke fasilitas Pusteksat seperti Mission Control Centre (MCC), Assembly Integration and Test (AIT) dan Workshop Satellite.