Kunjungan Dosen dan Karyawan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Informatika dan Komputer(STIMIK) Bani Saleh ke Pusat Teknologi Satelit –LAPAN
By admin, 29 Mar 2018
Dalam rangka menambah wawasan dan penerapan ilmu komputer pada bidang keantariksaan khususnya di bidang teknologi satelit serta sebagai bekal dalam pembimbingan skripsi atau kerja praktik mahasiswa, sebanyak 20 orang yang terdiri dari dosen dan karyawan STIMIK Bani Saleh berkunjung ke Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) - LAPAN, 26 Maret 2018.

Bertempat di ruang rapat utama Pusteksat, para dosen diterima langsung oleh Plh. Kepala Pusat Teknologi Satelit, Abdul Karim, S.T., M.T., Kepala Bagian Administrasi, Rinto Ferdian, S.T., M.M., Kepala Subbagian SDM & TU, Sujiati, S.E., M.Si. serta para Peneliti dan Perekayasa Senior Pusteksat. Acara diawali dengan sambutan oleh Abdul Karim yang menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan tersebut dan beliau berharap semoga ada banyak manfaat yang di dapatkan. Selanjutnya, beliau memaparkan tentang pengenalan lembaga agar memberikan informasi menyeluruh tentang LAPAN pada umumnya dan Pusteksat pada khususnya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari pihak STIMIK yang di wakili oleh Drs. Taufik Maulana, MBA. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk bisa berkunjung dan berharap agar apa yang akan di sampaikan oleh para ahli bisa menambah ilmu pengetahuan tentang teknologi satelit. Hal ini dimaksudkan agar bahan ajar serta peluang melakukan PKL atau skripsi juga bisa dilakukan di Pusteksat. Selanjutnya, beliau memperkenalkan para dosen yang hadir satu persatu. 


Acara dilanjutkan dengan pemaparan tentang teknologi satelit yang disampaikan oleh Dr. Ir. Robertus Heru Triharjanto, M.Sc. Beliau mengawali paparan dengan memperlihatkan website Pusteksat (www.pusteksat.lapan.go.id), yang didalamnya terdapat informasi tentang hasil-hasil dari satelit LAPAN. Selanjutnya, beliau juga menjelaskan tentang satelit yang selama ini dikembangkan oleh Pusteksat. Setelah itu, beliau menjelaskan tentang tren satelit yang saat ini sedang dikembangkan di seluruh dunia dari berbagai vendor, serta Road Map Satelit LAPAN. Beliau juga membahas tentang perkembangan Satelit di negara lain yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.


Kunjungan ke fasilitas-fasilitas yang dimiliki Pusteksat LAPAN menjadi agenda berikutnya. Kunjungan yang pertama ke laboratorium Assembly, Integration, and Test (AIT), yang didampingi oleh M. Taufik, M.T. Kunjungan selanjutnya ke Gedung Pusat Operasi Satelit-LAPAN, yang didampingi oleh Rozsa Madina, S.T dan Ade Putri Septi Jayani, S.T. Kunjungan tersebut resmi ditutup dengan pemberian cenderamata dan sesi foto bersama.