Pusat Teknologi Satelit dan BMKG Melakukan Rapat Pembahasan Kebutuhan Satelit Untuk Keperluan Meteorologi
By admin, 26 Mar 2018
Dalam rangka pembahasan kebutuhan satelit untuk keperluan Meteorologi, Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) – LAPAN dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membahas materi tersebut pada hari Jumat, 23 Maret 2018. Pertemuan berlangsung di Ruang Rapat Utama Pusteksat dan dihadiri oleh perwakilan dari BMKG yaitu Kepala Sub Bidang Pengelolaan Citra Satelit Cuaca BMKG, Andersen Lasbayakin Panjaitan, S.Si, M.Sc., dan Asri Susilawati. Sementara itu, perwakilan dari Pusteksat yaitu Kepala Pusteksat LAPAN, Ir. Mujtahid, M.T., Kepala Bidang Program dan Fasilitas Abdul Karim, S.T., M.T., Kepala Bidang Diseminasi Wahyudi Hasbi, S.Si., M.Kom.,dan Kepala Subbagian SDM dan Tata Usaha (Kasubbag SDM dan TU) Sujiati, S.E., M.Si.

Acara diawali dengan Pembukaan oleh Kapusteksat, yang dilanjutkan dengan presentasi dari Andersen Lasbayakin Panjaitan, S.Si, M.Sc. Beliau menjelaskan tentang konstelasi global pengamatan satelit cuaca, penerimaan data satelit di BMKG, teknologi satelit cuaca/lingkungan, Satelit Himawari-8 dan beberapa informasi terkait pemanfaatan citra satelit di BMKG. Di akhir presentasinya, Andersen membuat beberapa pertanyaan yang memungkinkan untuk membuka diskusi penjajakan kerjasama. 

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan presentasi oleh Wahyudi Hasbi, S.Si., M.Kom., yang menjelaskan mengenai Roadmap Satelit Pusteksat, dan peluang kerjasama antara LAPAN dan BMKG. Beliau juga merespons perihal wujud koordinasi dengan instansi terkait menuju program satelit nasional berdasarkan UU No. 21 Tahun 2013 Tentang Keantariksaan, dan Perpres 45 Tahun 2017 Tentang Rencana Induk Penyelenggaraan Keantariksaan dan untuk melakukan pembinaan penyelenggaraan keantariksaan. Semua ini dilakukan dalam rangka mendukung program antar instansi untuk menuju kemandirian nasional di bidang teknologi satelit.

Selanjutnya, BMKG dan Pusteksat saling memberikan informasi terkait materi yang dimiliki oleh masing-masing pihak. Informasi yang ada tersebut coba didiskusikan dan berdasarkan hasil diskusi tersebut, Pihak BMKG dan Pusteksat akan menindaklanjutinya ke arah yang lebih kongkrit lagi terutama pengusulan muatan meteorology pada satelit orbit Geo yang dikembangkan oleh pemerintah maupun operator Indonesia lainnya. Acara diakhiri dengan ucapan penutup yang disampaikan oleh Kapusteksat.