Ingin mengetahui Teknologi Satelit, Siswa Sekolah Victory Plus Berkunjung ke Pusat Teknologi Satelit LAPAN
By admin, 04 Feb 2018
Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) pada tanggal 1 Februari 2018 menerima kunjungan dari para calon generasi penerus bangsa. Meski masih berusia muda, namun mereka memiliki minat yang sangat besar tentang satelit. Mereka adalah siswa-siswi dari Sekolah Victory Plus yang berjumlah lima (5) siswa dan saat ini duduk di kelas VI . Seluruh siswa tersebut tergabung dalam sebuah tim yang dinamakan"Space Explorer'' dan mereka didampingi oleh satu (1) guru pendamping.  

Bertempat di Ruang Rapat Pusteksat, siswa-siswi tersebut diterima oleh Kepala Subbagian SDM dan Tata Usaha (Kasubbag SDM dan TU) Sujiati, S.E., M.Si dan juga oleh Tim Diseminasi Pusteksat. Acara dimulai dengan sambutan oleh Kasubbag SDM dan TU. Beliau mengucapkan selamat datang kepada para siswa, dan mengharapkan agar mereka dapat memanfaatkan waktu kunjungan ini sebaik mungkin dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang teknologi satelit. Setelah itu, guru pembimbing menyampaikan rasa terima kasihnya karena telah disambut dengan baik oleh Tim Diseminasi Pusteksat. Beliau menjelaskan, bahwa mereka ingin mengetahui segala sesuatu tentang teknologi satelit, dan bagaimana teknologi tersebut dapat membantu kehidupan manusia. 

Selanjutnya, pemaparan materi disampaikan oleh Peneliti Pusteksat LAPAN, Sonny Dwi Harsono, S.T., M.Eng., yang menjelaskan tentang sejarah LAPAN, arti, dan fungsi satelit. Selama paparan disampaikan, para siswa terlihat sangat serius dalam menyimak topik yang disampaikan. Mereka sangat antusias dan benar-benar memanfaatkan waktu yang ada untuk memuaskan rasa penasaran yang mereka miliki dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan. 


Selain pemaparan materi yang dipresentasikan, para siswa mendapat kesempatan untuk mengunjungi fasilitas yang dimiliki oleh Pusteksat LAPAN. Untuk fasilitas yang pertama, mereka berkesempatan memasuki langsung laboratorium Assembly, Integration, and Test (AIT). Selama berada di laboratorium tersebut, para siswa didampingi oleh Perekayasa Pusteksat, Sartika Salaswati, S.Si. Antusiasme begitu terlihat jelas dari wajah mereka.


Fasilitas yang dikunjungi selanjutnya adalah Ground Station (GS). Selama di GS, mereka dipandu oleh Rosza Madina, S.T., Peneliti Pusteksat LAPAN. Beliau menjelaskan mengenai peralatan yang berada di ruang tersebut, dan memperlihatkan posisi terkini satelit LAPAN-A2/ORARI dan LAPAN-A3/IPB. Kunjungan kali ini semakin menarik karena para siswa mengikuti langsung proses tracking satelit LAPAN, dan mereka semakin antusias ketika melihat full motion antenna bergerak mengikuti arah pergerakan satelit LAPAN. Para siswa terlihat begitu senang yang terpancar dari raut wajah mereka.

Setelah kunjungan berakhir, Tim Pusteksat mencoba meminta kesan dan pesan dari para siswa. Mereka menyatakan bahwa hari tersebut merupakan hari yang luar biasa bagi mereka. Mereka kagum dengan semua hal yang telah mereka lihat. Banyak hal menarik yang telah mereka pelajari. Mereka menjadi semakin tertarik mempelajari satelit, bahkan ketertarikan tersebut terungkap dengan adanya keinginan satu siswa yang ingin menjadi engineer satelit. Kunjungan kali ini telah menginsipirasi mereka untuk belajar lebih keras lagi agar mampu meraih semua cita-cita yang mereka inginkan. 

Acara diakhiri dengan sesi foto bersama dan penyerahan cinderamata