Sosialisasi Perkembangan Teknologi Satelit LAPAN, Antusias Siswa SMAN 3 Bogor Tinggi
By admin, 11 Sep 2017
Awal bulan September 2017 ini, Tim Diseminasi Pusteksat kembali melaksanakan kegiatan sosialisasi mengenai perkembangan teknologi satelit LAPAN Indonesia. Kegiatan yang memiliki target siswa SMAN 3 Bogor ini dilakukan di Aula SMAN 3 Bogor, Jl. Pakuan No.4 Bogor. Dilaksanakan pada Rabu lalu, 6 September 2017, sosialisasi ini diikuti oleh 80 siswa yang terdiri dari perwakilan masing-masing kelas, mulai dari kelas X, XI dan XII. Tim Diseminasi Pusteksat disambut baik oleh Humas SMAN 3 Bogor, Dra Hj. Attin Harnati, dan Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Sarana dan Prasarana Ida Ramadhayanti, S.Pd, M.M. Pada kesempatan itu, kegiatan dibuka oleh sambutan Ida selaku perwakilan Kepala Sekolah yang berhalangan hadir. Dilanjutkan dengan sambuatn dari Plh. Kepala Bidang Diseminasi Unggul Satrio Yudhotomo, S.T. yang menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas penyambutan yang dilakukan pihak sekolah. serta antusias kehadiran para siswa yang memenuhi aula pada hari itu. Unggul pun memperkenalkan tim diseminasi yang hadir dan memberikan gambaran maksud dan tujuan dari kegiatan itu.

Pada inti kegiatan, peneliti Pusteksat LAPAN, Sonny Dwi Harsono, S.T, M.Eng mulai memperkenalkan Pusteksat sebagai salah satu satuan kerja LAPAN. Bukan hanya memperkenalkan lembaga, namun Sonny lebih menitikberatkan pemaparan mengenai perkembangan teknologi satelit LAPAN Indonesia. Hasil penelitian, pengembangan dan perekayasaan (litbangyasa) LAPAN, khususnya Pusteksat dipaparkan secara jelas, agar auidens dapat lebih mudah memahami pesan yang disampikan. Mulai dari satelit LAPAN-A1/LAPAN-Tubsat, satelit LAPAN-A2/LAPAN-Orari, hingga satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB, diperkenalkan sebagai hasil litbanyasa buatan anak bangsa yang hingga saat ini terus dikembangkan dan dimanfaatkan. Ia menjelaskan misi yang diemban masing-masing satelit, serta spesifikasi yang berbeda-beda pula.

Sonny menyampaikan bahwa teknologi satelit ini merupakan salah satu teknologi yang bisa dibilang masih baru dan belum umum untuk masyarakat Indoneisa. melalui Pusteksat LAPAN, Indonesia ingin mewujudkan suatu kemandirian di bidang teknologi khususnya teknologi antariksa. Dengan diciptakannya roadmap satelit LAPAN, arah atau tujuan lembaga tentu akan semakin jelas yakni menuju pembuatan satelit operasional IndonesIa, yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk kepentingan nasional.

Setelah pemaparan materi, diskusi (tanya jawab) pun dimulai. Antusias yang begitu tinggi terlihat dari banyaknya peserta sosialisasi yang memberikan respon atas materi yang telah disampaikan sebelumnya. Banyak sekali yang menyampaikan pertanyaan maupun peryataan sebagai respon dari apa yang telah diberikan. Satu per satu pertanyaan pun dijawab oleh Sonny dan Unggul. Kegiatan pun mengalir begitu menyenangkan melalui sesi diskusi tersebut. Karena terbatasnya waktu, diskusi pun harus segera diakhiri. Namun disampaikan pula bahwa Pusteksat memiliki jasa pelayanan di bidang pendidiian seperti bimbingan teknis (bimtek), pendampingan penelitian, praktek kerja hingga penerimaan kunjungan industri. Pada dasarnya lembaga sangat menerima apabila SMAN 3 Bogor di lain  waktu nanti akan melakukan kunjungannya ke Pusteksat. Seperti kunjungan pada umumnya, para siswa dapat belajar lebih banyak lagi apabila nanti melihat langsung fasilitas kantor dalam melakukan tugasnya di bidang litbangyasa teknologi satelit.


Dalam sosialisasi ini, selain untuk memperkenalkan lembaga beserta produk litbangyasa yang dihasilkan, tim Diseminasi Pusteksat juga menyisipkan motivasi untuk para generasi muda, dalam hal ini adalah siswa SMAN 3 Bogor untuk mencintai tanah air, untuk terus semangat belajar agar turut memajukan negeri ini. Seperti yang kita ketahui, untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan mandiri, diperlukan kemauan dan sinergitas dari semua pihak. Harapannya, melalui sosialisasi ini, lebih banyak lagi yang mengenal perkembangan teknologi satelit Indonesia, dan mencintai negeri ini melalui upaya-upaya mencapai kemajuan dan kemandirian.