Pelantikan Kepala Pusat Teknologi Satelit
By admin, 09 Jun 2017
Menjadi hari yang sangat bahagia bagi pegawai Pusteksat, tepat hari kamis 8 Juni 2017, kepala LAPAN melantik Ir. Mujtahid, MT sebagai Kepala Pusat Teknologi Satelit yang baru. Pelantikan tersebut dilaksanakan di gedung Serba Guna Pusat Teknologi Satelit-LAPAN Bogor. Turut hadir dalam pelantikan tersebut Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Dr. rika Andiarti dan Sekretaris Utama LAPAN, Drs. I. L. Arisdiyo, M.Sc sebagai saksi serta para pejabat eselon II dan III.

Dalam sambutannya, Kepala LAPAN mengatakan bahwa pejabat yang dilantik merupakan hasil seleksi terbuka dengan berbagai tahapan tes yang dilaluinya. agar kelak menjadi pejabat yang dapat membangun tim yang solid. Pelantikan pada hari ini adalah pelantikan menggantikan Kapusteksat yang lama yaitu Alm. Drs. Abdul Rahman, MT yang telah wafat, kami menyadari ada beban psikologis dari para pegawai Pusteksat yang ditinggalkannya. Ada waktu sekitar 6 bulan dalam penantiannya, oleh karena itu perlu waktu untuk menyesuaikan diri, perlu waktu untuk mengkonsolidasikan, perlu waktu untuk menyiapkan, dan kemungkinan-kemungkinan adanya Kapus baru yang berasala dari luar lingkungan Pusteksat.

Lanjut Kepala LAPAN, dalam prosesnya panitia seleksi yang terdiri dari LAPAN, BPPT, LIPI dan BKN bekerja secara transparan dan tidak ada intervensi dari manapun serta hasilnya diumumkan melalui website LAPAN, yang bisa dilihat oleh masyarakat. Proses seleksi dilaksanakan dengan beberapa tahapan diantaranya assessment (penilaian) psikologi, menejerial, dan wawancara. untuk assessment managerial LAPAN dilihat dalam menetapkan misi, kemampuan untuk membangun jejaring, kemampuan mengatasi konflik, kemampuan mengatasi keberagaman, dan bisa mewujudkan perubahan, serta dilihat dari tallent mapping, menuliskan gagasan, mengoptimalkan sumber daya Pusteksat yang ingin menjadi Pusat Unggulan Teknologi Satelit.

Dengan berbagai proses yang dilaluinya, berharap Kepala Pusat Teknologi Satelit yang baru bisa menjalin kerja sama secara bersinergi agar membangun tim yang solid menuju Pusat Teknologi Satelit yang maju dan unggul.

Di akhir acara, seluruh pegawai Pusteksat serta para pejabat eselon I dan II memberikan ucapan selamat kepada kepala Pusat Teknologi Satelit yang baru dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama