Sosialisasi Litbangyasa Pusteksat ke Surya University
By admin, 02 Jun 2017
Di penghujung bulan Mei 2017, Pusat Teknologi Satelit berkesempatan mengunjungi Surya University di kampus Serpong Tangerang, dalam rangka Sosialisasi Perkembangan Teknologi Satelit LAPAN Indonesia. Sosialisasi yang dilakukan oleh tim Diseminasi Pusteksat tersebut dihadiri oleh Wakil rektor I Surya University., Dr. Eng Niki Prastomo, jajaran pengajar (akademisi) Surya University, serta para mahasiswa dari program studi Physics Energy Engineering, Biotechnology and Neuroscience dan Nutrition and Food Technology. Sosialisasi ini bertujuan untuk mendiseminasikan hasil penelitian, pengembangan dan perekayasaan (litbangyasa) LAPAN, khususnya di Pusat Teknologi Satelit itu sendiri.


Kedatangan tim Diseminasi Pusteksat sidambut baik oleh Surya University, dan juga tim Surya Satelite-1 yang sedang membut satelit Nano. Niki Prastomo selaku Wakil rektor I pun menyampaikan terima kasih dan apresiasinya atas kedatangan Pusteksat yang dinilai sebagai salah satu tindak lanjut hubungan yang baik antara kedua instansi, yakni LAPAN Pusteksat dengan Surya University. Sebelumnya sudah terjalin kerjasama di bidang praktek kerja lapangan (pkl) mahasiswa, Niki berharap dengan kunjungan Pusteksat kali ini, dapat semakin membuka kerjasama yang baik antara kedua belah pihak, dan juga dapat memotivasi para mahasiswa untuk terus belajar, memajukan perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia.


Kepala Bidang Diseminasi Pusteksat, Iwan Faizal, ST turut memberikan sambutan sambutan di awal acara. Beliau menyampaikan terima kasih atas antusias yang tinggi dari Surya University, ditandai dengan ruangan yang dipenuhi oleh peserta sosialisasi pada hari itu.

Memasuki inti kegiatan, Sonny Dwi Harsono, ST., M.Eng, salah satu penelii Pusteksat, mengawali dengan memperkenalkan Pusat Teknologi satelit sebagai salah satu satuan kerja di LAPAN. Pada kesempatan tersebut Sonny banyak memaparkan perkembangan teknologi satelit LAPAN hingga saat ini, menjelaskan hasil litbangyasa LAPAN dibidang satelit, mulai dari satelit LAPAN-A1/LAPAN-TUBSAT, LAPAN-A2/LAPAN-Orari dan juga LAPAN-A3/LAPAN-IPB. Pada sesi tanya jawab, terlihat antusias yang tinggi dari para mahasiswa peserta sosialisasi, banyak pemikiran kritis, dan juga pertanyaan diajukan kepada para peneliti yang hadir pada acara tersebut. Selain Sonny, turut hadir Dwiyanto, ST., MT yang juga menanggapi pertanyaan maupun pemikiran dari para mahasiswa.


Sebelum acara berakhir, dilakukan foto bersama dan juga pemberian cendera mata. dengan dilakukannya sosialisasi tersebut, harapannya Surya University dapat lebih mengenai Pusteksat dan hasil litbangyasa, sehingga kedepannya dapat terjalin hubungan yang lebih baik, dan saling memberikan manfaat untuk kemajuan bersama.