Berita

Layanan Teknologi


Ini Tujuh Program Prioritas Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa LAPAN
Penulis Berita : Desy • Fotografer : Desy • 12 Feb 2020 • Dibaca : 170 x ,

Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa memiliki tujuh program prioritas untuk lima tahun ke depan. Dari ketujuh program ini, empat di antaranya merupakan Prioritas Riset Nasional (PRN).

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Rika Andiarti saat memberikan pemaparan dalam acara Sosialisasi Rencana Strategis (Renstra) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Tahun 2020-2024 di Pusat Teknologi Satelit Jalan Cagak Satelit No 8 KM 0,4 Ranca Bungur, Bogor, Rabu 12 Februari 2020.

Rika menyampaikan, ketujuh program tersebut adalah pengembangan N219A untuk mendukung infrastruktur konektivitas antar pulau baik penumpang maupun barang, pengembangan MALE Kombatan untuk memperkuat stabilitas Polhukam, pembangunan Lab DO 160 G untuk mendukung berkembangnya industri komponen pesawat terbang serta pembangunan Ground Station Network, pengembangan Aeropark mini di Rumpin untuk mendukung tumbuhnya industri aero dalam bidang MRO dan Desain Aircraft, konstelasi mikrosat orbit rendah untuk komunikasi data sebagai infrastruktur komunikasi dalam berbagai keperluan, pengembangan roket dua tingkat untuk membangun SDM yang unggul di bidang teknologi roket serta pembangunan bandar antariksa dengan mengundang investasi.

“Yang menjadi PRN yaitu pengembangan N219A, MALE, satelit konstelasi dan roket dua tingkat,” ujarnya.

Rika menambahkan, untuk mewujudkannya ada beberapa sasaran program yang perlu dilakukan. Pertama dengan meningkatkan pemanfaatan produk inovasi teknologi penerbangan dan antariksa untuk pembangunan nasional. Oleh karena itu, produk-produk hasil litbangyasa diharuskan mampu membangkitkan sektor industri.

“Kedua, kita harus meningkatkan kepuasan pengguna terhadap produk dan layanan teknologi penerbangan dan antariksa nasional. Ketiga, meningkatkan keunggulan Litbangyasa di bidang teknologi penerbangan dan antariksa sesuai prioritas nasional,” tukasnya.

Sasaran program lainnya, lanjut Rika adalah terwujudnya produk dan layanan di bidang teknologi penerbangan dan antariksa sesuai kebutuhan. Artinya, lembaga litbangyasa tidak boleh membuat proyek di luar kebutuhan pengguna.

“Terakhir, kita perlu membangun hubungan baik terkait layanan di bidang teknologi penerbangan dan antariksa,” pungkas Deputi.




Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL