Berita

Layanan Teknologi


Tim Arsip KKP dan RISET-Pro Ristekdikti Penasaran dengan Satelit LAPAN
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : edrbgr • 27 Nov 2019 • Dibaca : 120 x ,

Secara bersamaan Tim Arsip Kementerian kelautan dan Perikanan (KKP) serta Tim RISET-Pro Ristekdikti berkunjung ke Stasiun Bumi Rumpin, Rabu 27 November 2019.

Kunjungan ini dalam rangka untuk mengetahui lebih jauh penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh LAPAN khususnya di bidang teknologi satelit,

Turut  hadir dalam kunjungan tersebut Kepala Pusat Teknologi Satelit, Mujtahid; Kepala Pusat Teknologi Penerbangan, Gunawan S Prabowo; Arsiparis LAPAN, Demass Mantri dan Ignatius Loyola Arisdiyo serta beberapa pegawai LAPAN.

Peneliti Pusteksat, Sonny Dwi Harsono sekaligus penanggung jawab Stasiun Bumi TT&C Rumpin menjelaskan tugas stasiun bumi ini. Disampaikannya bahwa Stasiun Bumi Rumpin adalah fasilitas untuk memonitoring satelit serta menerima data dari satelit.

“Stasiun ini berfungsi sebagai stasiun TT&C atau pengendali satelit LAPAN. Tidak hanya itu stasiun ini berfungsi sebagai mainstation LAPAN dalam penerima data APRS (Automatic Packet Reporting System) dari satelit LAPAN maupun satelit amatir lainnya,” ujarnya.



Sonny kemudian menceritakan tentang tiga satelit LAPAN yang sudah mengorbit. Ketiga satelit ini sudah menghasilkan data yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Seperti data Automatic Identification System (AIS) yang dimanfaatkan dalam pemantauan kapal laut.

“Ada juga VR (Voice Repeater) dan APRS untuk komunikasi kebencanaan,” tuturnya.

Sonny juga menjelaskan tentang sejarah pembuatan satelit LAPAN serta rencana jangka panjang yang masuk ke dalam Program Riset Nasional.

Selain belajar tentang satelit, diketahui Tim Arsip KKP juga sedang meningkatkan kompetensi, wawasan dan pengetahuan pengelolaan persuratan dan kearsipan di LAPAN. Tim ini tengah melakukan studi banding ke Pusat Arsip LAPAN. (edrbgr)




Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL