Berita

Layanan Teknologi


Berbekal Rasa Ingin Tahu, Siswa Sekolah Bogor Raya Kunjungi Fasilitas Pusteksat
Penulis Berita : Desy • Fotografer : Desy • 28 Nov 2019 • Dibaca : 293 x ,

Sebanyak 80 siswa kelas dua Sekolah Bogor Raya berbondong-bondong mengunjungi berbagai fasilitas di Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat). Berbekal rasa ingin tahu yang besar, para siswa secara bergantian mengunjungi fasilitas Mechanical Workshop, Assembly Integration and Test (AIT), Mission Control Center (MCC), dan Electronic Lab.

Mereka sangat antusias mendengar penjelasan tentang satelit mulai dari proses desain, pembuatan komponen, perakitan hingga operasional. Para siswa juga aktif bertanya sehingga suasana belajar semakin menyenangkan.

Sebelum mengunjungi berbagai fasilitas, mereka terlebih dahulu mendapat penjelasan singkat tentang satelit. Hal itu disampaikan oleh Perekayasa Pusteksat, Nova Maras. Dijelaskannya, satelit merupakan suatu benda yang mengorbit benda lain.

“Satelit itu bisa bulan, planet, atau mesin yang mengitari benda lainnya,” sambungnya.

Nova menyampaikan, satelit terdiri dari dua jenis yaitu satelit alami dan satelit buatan. Satelit alami contohnya Bulan, Phobos, Demos, Europa, Callisto dan lainnya. Sementara satelit buatan contohnya satelit yang dibuat oleh LAPAN.

“Saat ini sudah ada tiga satelit yang berhasil diluncurkan, yaitu LAPAN-A1, LAPAN-A2 dan LAPAN-A3,” jelasnya.



Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bagian Administrasi Pusteksat, Rinto Ferdian menjelaskan tentang LAPAN dan Pusteksat. Menurutnya LAPAN itu seperti NASA yang bertugas mengembangkan teknologi penerbangan dan antariksa serta sains antariksa.

“Khusus di Ranca Bungur, adik-adik sedang mengunjungi Pusat Teknologi Satelit. Tugas Pusteksat yaitu membuat satelit untuk diluncurkan ke luar angkasa. Kantor LAPAN ada banyak dan tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Mulai dari Bukittinggi, Jakarta, Bogor, Bandung, Garut, Sumedang, Pasuruan, Pontianak, Pare-pare, dan Biak,” ucapnya saat memberikan sambutan di Gedung Galaxy Pusteksat, Jalan Cagak Satelit Nomor 8 KM 0,4 Ranca Bungur, Bogor, Kamis 28 November 2019.

Rinto pun mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah karena telah memilih Pusteksat sebagai tempat belajar. Ia berharap pengalaman berkunjung ini menjadi bekal bagi para siswa untuk lebih mendalami antariksa.

Hal serupa juga disampaikan oleh Perwakilan Sekolah Bogor Raya, Mieske Yunita Suni. Ia berterima kasih karena telah diterima dan disambut dengan hangat oleh seluruh staf Pusteksat.

“Kami juga berterima kasih telah diterima berkunjung ke Pusteksat dan diberi sambutan yang hangat. Semoga Pusteksat tetap berkenan menerima kunjungan kami yang lainnya,” tukasnya.




Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL