Berita

Layanan Teknologi


Siswa SMA IBNU HAJAR Pelajari Teknologi Penerbangan dan Antariksa
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : edrbgr • 26 Nov 2019 • Dibaca : 135 x ,

Gedung Bola atau Stasiun Bumi LAPAN Rumpin kembali dikunjungi oleh SMA Ibnu Hajar Bording Scholl, Cimanggis - Depok, Selasa 26 November 2019. Sebelumnya mereka mendapat penjelasan tentang sejarah LAPAN, visi, misi, tugas, fungsi, serta lokasi kantor yang tersebar di hampir seluruh provinsi. Penjelasan disampaikan oleh Tim Humas Pusat Teknologi Penerbangan.

Tepat pukul 13.30 WIB sebanyak 60 siswa serta 3 guru pendamping diterima olah Peneliti Pusteksat, Sonny Dwi Harsono serta staf diseminasi. Mereka mendapat materi tentang satelit karya anak bangsa yaitu satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB.

“Selamat datang di Pusat Teknologi Satelit tepatnya di Stasiun Bumi LAPAN Rumpin. Tempat ini adalah tempat TT&C (Tracking Telemetry and Command) satelit LAPAN atau pemantau keadaan satelit. Mockup ini adalah salah satu satelit buatan anak bangsa yaitu satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB, bentuk dan besarnya sama seperti yang sudah diluncurkan,” terang Sonny.

Setelah mendapat penjelasan mengenai satelit, Sonny membawa para siswa ke ruang kendali satelit LAPAN. “Nah adik-adik ruang ini adalah ruang kendali satelit LAPAN. Layar besar ini adalah monitoring pergerakan satelit LAPAN serta satelit lainnya contohnya NOAA, METEOR, ISS, DWIATA dan lain sebagainya,” papar Sonny.

Sonny menjelaskan, satelit LAPAN yang sudah meluncur datanya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat seperti pemantauan kapal di lautan dengan menggunakan Automatic Identification System (AIS), komunikasi kebencanaan dengan Voice Repeater (VR) serta Automatic Packet Reporting System (APRS), pemantauan vegetasi tanaman dengan multispectral imager serta pemantauan bumi menggunakan Space Cam.

Pemaparan materi berlangsung menarik melalui kegiatan tanya jawab. Para siswa Ibnu Hajar sangat penasaran tentang satelit yang selama ini susah dimengerti. Menurut Wakil Kesiswaan SMA Ibnu Hajar, Usman Hamdi, tujuan kunjungan ini adalah untuk menambah wawasan para siswa terkait teknologi penerbangan dan antariksa,

“Kami ingin membekali anak-anak dengan pengetahuan agar bisa bermanfaat bagi mereka. Kami lihat LAPAN bisa memberikan informasi mengenai teknologi. Harapannya kami bisa melek teknologi tentang penerbangan dan antariksa. Dan apabila mereka selesai dari sekolah atau lulus bisa menjadi tujuan cita-cita baru yaitu berkerja di dunia penerbangan dan antariksa,” ujar Usman. (edrbgr)




Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL