Berita

Layanan Teknologi


SDIT Al Aladzievie Belajar tentang Antariksa ke Pusteksat
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : edrbgr • 07 Nov 2019 • Dibaca : 238 x ,

Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) kembali mendapatkan kunjungan dari SDIT Al Aladzievie yang beralamat di Jalan Letkol Atang Sanjaya, Pasir Gaok Ranca Bungur, Bogor, Kamis 7 November 2019. Kunjungan tersebut bertujuan mempelajari satelit yang selama ini sulit dimengerti.

Sebanyak 50 siswa terdiri dari kelas 4, 5, dan 6 serta 8 guru pendamping disambut langsung oleh Kepala Subbagian Barang Milik Negara (BMN) dan Keuangan Pusteksat, Rinto Andri Wiendiarto mewakili Kapusteksat serta staf diseminasi.

Dalam sabutanya Rinto menyapaikan terima kasih atas kunjungan para siswa ke Pusteksat. Ia berharap kunjungan ini bisa menambah para siswa tentang benda ruang angkasa khususnya satelit.

“Saya mewakili Kepala Pusat Teknologi berterima kasih bisa telah memilih Pusteksat dalam kunjungan saat ini. Saya berharap setelah mengunjungi kantor ini, benda ruang angkasa khususnya satelit bisa dimengeri dan dipahami oleh adik-adik,” ujar Rinto yang kemudian presentasi tentang kelembagaan LAPAN.

Dalam kesempatan yang sama, perwakilan SDIT Al Aladzievie, M, Alfatih mengucapkan terima kasih karena dapat berkunjung ke Pusteksat. Menurutnya, kegiatan kunjungan ini bisa memberikan sedikit gambaran kepada para siswa tentang antariksa.

“Kami ucapan terima kasih bisa diterima di kantor ini. Kami berharap pelajaran tentang benda ruang angkasa bisa dipahami dengan baik, dan para siswa mengetahui cara kerja dan manfaat satelit,” tuturnya.



Sementara itu paparan tentang satelit disampaikan oleh Perekayasa Pusteksat, Isma Choiriyah. Ia mengawali presentasinya dengan melontarkan pertanyaan apa itu satelit? kepada para siswa.

“Kalau belum tau, satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Ada dua macam jenis satelit yaitu satelit alami dan satelit buatan manusia” ujar Isma.

Dijelaskannya, satelit juga memiliki beberapa misi yang berbeda. Untuk satelit LAPAN, fungsinya memantau bumi, memantau pergerakkan kapal laut, komunikasi amatir serta memantau medan magnet bumi.

Setelah mendapat pemaparan materi, para siswa diajak mengunjungi tiga fasilitas, yaitu Workshop Satellite, Assembly Integration and Test (AIT) dan Mission Control Center (MCC).
Sebelum berkunjung ke fasilitas para siswa diperlihatkan video mengenai pembuatan serta peluncuran satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI yang dilepas langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. (edrbgr)



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL