Berita

Layanan Teknologi


Jarak Yogyakarta-Bogor Bukan Halangan untuk Belajar Teknologi Satelit
Penulis Berita : Desy • Fotografer : Desy • 08 Oct 2019 • Dibaca : 272 x ,

Sebanyak 115 Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengunjungi Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) di Jalan Cagak Satelit No 8 KM 0,4 Rancabungur, Bogor, Selasa 8 Oktober 2019. Mereka rela menempuh jarak Yogyakarta-Bogor sejauh 600 km untuk belajar tentang teknologi satelit.

Rombongan tiba di Pusteksat sekitar pukul 08.00 WIB. Mereka disambut dengan hangat oleh Kasubbag SDM dan TU, Sujiati.

“Terima kasih sudah jauh-jauh datang ke Bogor. Semoga pembelajaran tentang satelit pada hari ini bisa menambah pengetahuan dan pengalaman adik-adik semua. Meski sudah menempuh perjalanan jauh, harus tetap semangat ya,” ujar Sujiati saat memberikan sambutan di Aurora Auditorium.

Dalam kesempatan yang sama, perwakilan UNY, Ardy Seto Priambodo juga mengucapkan terima kasih atas penerimaan permohonan kunjungan. Disampaikannya, kunjungan industri ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan UNY setiap tahun. Untuk itu, ia berharap Pusteksat agar tidak pernah bosan menerima kunjungan mahasiswa UNY.

“Karena kunjungan industri ini ada setiap tahun, saya harap Pusteksat LAPAN bisa menerima kami kembali,” ucap Ardy.

Setelah beramah tamah, acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai satelit oleh Peneliti Pusteksat, Agung Wahyudiono. Ia menyampaikan, satelit itu ada jenisnya seperti satelit navigasi, satelit astronomi, satelit komunikasi, satelit cuaca dan lainnya.

“Karena jenisnya berbeda maka misinya juga berbeda. Untuk satelit LAPAN misinya ada pemantauan bumi, komunikasi kebencanaan, monitoring posisi kapal, serta pemantauan medan magnet bumi,” terangnya.

Agung menambahkan, saat ini Pusteksat-LAPAN telah meluncurkan tiga satelit. Pertama satelit LAPAN-A1/LAPAN TUBsat diluncurkan 10 Januari 2007. LAPAN-A2/LAPAN-ORARI mengorbit 28 September 2015. Sementara LAPAN-A3/LAPAN-IPB meluncur ke luar angkasa pada 22 Juni 2016.

“Saat ini kami sedang mengebangkan satelit LAPAN-A4 yang akan diluncurkan pada 2020 mendatang,” tuturnya.

Setelah pemaparan materi selesai, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kemudian para mahasiswa diajak berkeliling ke berbagai fasilitas seperti Mission Control Centre (MCC), Assembly Integration and Test (AIT), Electronic Lab dan Workshop Satellite.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL