Berita

Layanan Teknologi


Pusteksat Akan Komersialisasi Laboratorium
Penulis Berita : Desy • Fotografer : edrbgr • 02 Oct 2019 • Dibaca : 222 x ,

Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) berencana melakukan komersialisasi laboratorium sebagai bentuk pelayanan kepada publik. Hal itu disampaikan Kepala Pusat Teknologi Satelit, Mujtahid saat membuka kegiatan Sosialisasi Proyek Perubahan Pengelolaan Fasilitas Litbangyasa Melalui Standardisasi Teknologi Satelit LAPAN di Aurora Auditorium, Rabu 2 Oktober 2019.

“Fasilitas laboratorium bisa dipromosikan ke pihak luar sehingga Pusteksat bisa menghasilkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP),” tuturnya.

Kapusteksat meminta para peneliti dan perekayasa untuk mendukung proyek perubahan tersebut karena berisikan rencana jangka pendek dan jangka panjang Pusteksat. Salah satunya yaitu standardisasi fasilitas.

“Akreditasi fasilitas ditargetkan dapat tercapai pada tahun ini. Targetnya dalam lima tahun ke depan Pusteksat mampu membangun ekosistem fasilitas berstandard internasional,” terangnya.

Sementara itu Kepala Bidang Program dan Fasilitas Pusteksat, Abdul Karim menyampaikan alasan dirinya melakukan proyek perubahan, yaitu karena sesuai dengan isu strategis serta visi-misi dan tupoksi Pusteksat. Menurutnya, persoalan fasilitas menjadi masalah yang urgent sebab untuk mencapai kemandirian, Pusteksat harus memiliki tiga fasilitas utama, yaitu vibrasi, thermal dan Electromagnetic Compatibility (EMC)

“EMC sedang dibangun dan ditargetkan dapat beroperasi pada tahun 2020,” paparnya.

Dijelaskan Karim, fasilitas-fasilitas yang ada harus distandardisasi karena sistem tata kelola saat ini masih self-oriented. Ia meyakini proyek ini membawa hasil yang lebih baik, sebab rencananya sudah mendapat dukungan dari Kepala LAPAN, Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa serta Kepala Pusteksat.

“Output dari proyek ini adalah manual mutu, proses bisnis, risk assessment, manual prosedur, instruksi kerja, sistem informasi laboratorium satelit dan akreditasi,” tukasnya.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri pula oleh Kasubag SDM dan TU, Sujiati, serta perekayasa dan peneliti Pusteksat.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL