Berita

Layanan Teknologi


Ingin Mengenal Satelit, SMK Dharma Paramitha Sambangi Pusteksat
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : Desy • 19 Sep 2019 • Dibaca : 256 x ,

“Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu,” ujar Perekayasa Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat), Gafur Hasan Zam Bahari saat memberikan presentasi kepada para siswa SMK Dharma Paramita, Jakarta yang berkujung.

Diketahui, sebanyak 70 siswa serta tiga guru pendamping SMK Dharma Paramita, Jakarta berkesempatan berkunjung ke Pusteksat di Jalan Cagak Satelit Nomor 8 KM 0,4 Rancabungur, Bogor, Kamis 19 September 2019.

Dalam kunjungan tersebut para pelajar terbagi menjadi dua jurusan yaitu multimedia dan jaringan computer. Tepat pukul 09.00 WIB rombongan tiba dan langsung diarahan ke Aurora Auditorium. Rombongan disambut hangat oleh Kasubag SDM dan TU Pusteksat, Sujiati serta staf diseminasi Pusteksat.

Sujiati dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada SMK Dharma Paramita yang telah berkunjung ke Pusteksat. Sujiati berharap para siswa mendapat wawasan tentang teknologi satelit khususnya satelit LAPAN yang saat ini masih belum banyak diketahui oleh para pelajar.

“Terima kasih sudah berkunjung, mudah-mudahan setelah berkunjung ke tempat kami pengetahuan teknologi satelit yang saat ini susah dipahami dapat mudah dimengeti,” ujarnya. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tentang LAPAN.

Perwakilan SMK Dharma Paramita, Hasen Candera mengucapkan terima kasih kunjungannya bisa diterima oleh Pusteksat. Besar harapan wawasan teknologi satelit yang disampaikan bisa dimengerti dan dipahami para siswa.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Gafur. Ia menyampaikan, Pusteksat memiliki satelit dengan berbagai tugas dan misi. “Tujuannya untuk melakukan pemantauan bumi, monitoring posisi kapal, komunikasi kebencanaan, untuk penelitian dan ke semua fungsi tersebut berada di dalam satelit LAPAN yang suda berada diorbit yaitu satelit LAPAN-A1/LAPAN-Tubsat, LAPAN-A2/LAPAN-ORARI dan LAPAN-A3/LAPAN-IPB” sambungnya.

Setelah pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Para siswa juga berkesempatan berkunjung ke fasilitas Pusteksat seperti Mission Control Centre (MCC), Assembly Integration and Test (AIT) dan Workshop Satellite. (edrbgr)




Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL