Berita

Layanan Teknologi


Tim Adat Pembangunan Observatorium Nasional Timau Berkunjung ke Pustekat
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : edrbgr • 11 Jul 2019 • Dibaca : 838 x ,

Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) mendapat kesempatan dikunjungi oleh Tim Adat Pembangunan, Observatorium Nasional Timau Kupang, Nusa Tenggara Timur, Kamis 11 Juli 2019. Kunjungan ini tak lain untuk menjalin silahturahmi serta ingin mengetahui Penelitian dan Pengembangan apa saja yang dilakukan oleh LAPAN.

Tim Adat yang berkunjung terdiri dari 12 orang. Dipimpin langsung oleh Christian Khameo dan didampingi oleh Peneliti Pusat Sais Antariksa LAPAN, Mamat Ruhimat.

Acara diawali dengan sambutan dari Kepala Pusat Teknologi Satelit, Mujtahid. Ia mengucapkan terima kasih kepada Tim Adat yang telah mengunjungi Pusteksat. Mujtahid berharap informasi tentang teknologi karya anak bangsa ini bisa disampaikan kepada masyarakat adat di Timau.

“Harapan lainnya dengan adanya pembangunan Observatorium Nasional Timau, LAPAN yang berada di Kupang dapat memberikan manfaat bagi Indonesia, khususnya warga Kupang yang berada di sekitar,” tuturnya.

Senada dengan itu, Perwakilan Pemangku Adat, Christian Khameo juga menyampaikan terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk berkunjung ke LAPAN khususnya Pusat Teknologi Satelit.

“Kami berharap setelah mengunjungi tempat ini bisa mendapatkan pengetahuan secara seluas tentang antariksa khususnya satelit,” harapnya.



Tim adat juga mendapat pemaparan tentang hasil Litbangysa teknologi satelit dari Humas Pusteksat, Desy Viani. Staf Diseminasi ini memaparkan kegunaan satelit yang selama ini digunakan dalam kehidupan manusia, mulai dari berkomunikasi, menentukan arah atau posisi suatu benda, maupun prediksi cuaca.

“Saat ini LAPAN sudah berhasil meluncurkan satelit anak bangsa yang dapat membantu dalam kehidupan sehari-hari, seperti pemantauan bumi ataupun penelitian,” ujarnya.

Dijelaskan Desy, saat ini Pusteksat telah membuat tiga satelit, diantaranya satelit LAPAN-A1/LAPAN-TUBSat yang diluncurkan tahun 2007, Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI yang meluncur tahun 2015 serta Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB yang meluncur tahun 2016.  “Dan yang paling membanggakan semua satelit tersebut buatan anak bangsa” ujarnya.

Setelah pemaparan materi, Tim Adat berkesempatan berkunjung ke fasilitas Pusteksat seperti Mission Control Centre (MCC) dan Assembly Integration and Test (AIT). (edrbgr)

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL