Berita

Layanan Teknologi


Pameran Pusteksat Ikut Meriahkan Perayaan Sewindu Pustekbang
Penulis Berita : Desy • Fotografer : Desy • 08 Jul 2019 • Dibaca : 46 x ,

Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) ikut memeriahkan perayaan Sewindu Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) yang mengusung tema Aerofest Technopark pada Senin, 8 Juli 2019. Pusteksat turut serta dalam pameran keantariksaan dengan menampilkan mockup satelit LAPAN A3/LAPAN IPB.

Acara pameran ini dibuka mulai pukul 08.00-15.00 WIB. Para pengunjung yang hadir pun terlihat antusias mengenal teknologi satelit. Mulai dari anak SD, mahasiswa hingga masyarakat secara bergantian mendengarkan pemaparan tentang satelit LAPAN yang disampaikan oleh Tim Diseminasi Pusteksat.

Para pengunjung mendapat pemaparan bahwa LAPAN telah meluncurkan tiga satelit. LAPAN A1/LAPAN TUBSat merupakan satelit generasi pertama hasil kerja sama antara LAPAN - TU Berlin, Jerman. Satelit ini diluncurkan pada 10 Januari 2007. 

Satelit generasi kedua yaitu LAPAN A2/LAPAN ORARI, semua rancang bangunnya dilakukan di LAPAN tepatnya di Pusat Teknologi Satelit – Bogor. Satelit ini diluncurkan pada 28 September 2015. 

Selanjutnya adalah satelit LAPAN A3/LAPAN IPB diluncurkan pada 22 Juni 2016. Saat ini Pusteksat sedang merancang Satelit A4 yang ditargetkan meluncur pada 2020 mendatang.

Selain memberikan pemaparan, Tim Diseminasi Pusteksat juga membagikan souvenir kepada para pengunjung. Tim juga mengajak pengunjung untuk berkunjung ke Pusat Teknologi Satelit di Jalan Cagak Satelit No 8 KM 0,4 Rancabungur, Bogor.

Untuk diketahui, perayaan Sewindu Pustekbang ini digelar selama dua hari, mulai 8-9 Juli 2019 di Rumpin, Bogor. Adapun rangkaian kegiatannya yaitu: Presentasi final 10 tim terbaik lomba desain UAV di ruang Kolokium; lomba menggambar dan mewarnai yang diikuti 100 peserta siswa/siswi tingkat SD (kelas 2-4) di Aula Garuda; donor darah untuk umum di Cafetaria Lantai 2 Gedung Utama, sunatan massal untuk 10 pendaftar yang sudah teregistrasi di ruang medik; pameran dari Pussainsa, Pusteksat, Pustekroket, PTDI, IAEC, Dispotdirga serta bazar makanan.

Sementara kegiatan pada Selasa, 9 Juli 2019 yaitu talkshow dengan tajuk "Unity and Harmony For National Aeronautic Technology and Industry". Rencananya talkshow ini akan dihadiri oleh 200 tamu undangan dan enam narasumber dari Kemenko Kemaritiman RI, Menko Perekonomian, PINA Bappenas, PTDI, IAEC, dan IAMSA.

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL