Berita

Layanan Teknologi


Gelar Supervisi PUI, Pusteksat Siap Tingkatkan Kinerja
Penulis Berita : Desy • Fotografer : edrbgr • 17 May 2019 • Dibaca : 904 x ,

Setelah dinobatkan sebagai Pusat Unggulan Iptek pada 2018 lalu, tugas Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) sebagai lembaga penelitian, pengembangan dan perekayasaan (litbangyasa) tidak mudah. Untuk itu dibutuhkan usaha dan kerja keras, salah satunya dengan meningkatkan kinerja.

Demikian disampaikan Kepala Pusteksat, Mujtahid saat membuka acara Supervisi Pusat Unggulan Iptek (PUI) di ruang rapat utama, Jumat 17 Mei 2019. 

“Tahun lalu kita mendapat PUI, tahun ini tugas kita cukup berat yaitu mempertahankan dan meningkatkan, untuk itu hari ini kita menggelar Supervisi PUI agar kita mendapat gambaran ke depan seperti apa,” ujarnya.

Kepala Seksi Lembaga Penelitian dan Pengembangan Non Kementerian Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Kemenristekdikti, Aswin Firmansyah mengungkapkan supervisi perlu dilakukan untuk mengetahui progres dan tindak lanjut rencana kerja Pusteksat. Termasuk kendala-kendala yang dihadapai dalam mencapai tujuan tersebut.
“Supervisi juga dilakukan untuk mengetahui posisi Pusteksat berada di kuadran berapa,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Diseminasi Pusteksat, Wahyudi Hasbi memaparkan kendala-kendala yang dihadapai Pusteksat dalam mencapai rencana kerjanya. Di antaranya keterbatasan anggaran untuk akselerasi program, ketergantungan material dan komponen satelit dari luar negeri, fasilitas pengujian dalam negeri belum memadai serta peningkatan kualitas dan kuantitas SDM untuk pengembangan satelit diatas kelas mikro.

“Dari masalah diatas, didapat strategi dan rencana kerja penguatan seperti penyempurnaan tata kelola organisasi, pengembangan kompetensi SDM dan monitoring pegawai yang sedang melaksanakan tugas belajar, pengadaan fasilitas EMC (Electro Magnetic Compability) Chamber dan tata kelola anggaran,” paparnya.

Strategi lainnya, lanjut Wahyudi yaitu meningkatkan hasil publikasi teknologi satelit, Hak Kekayaan Intelektual (HKI), hingga kerjasama riset nasional maupun internasional.

“Untuk di bidang diseminasi kita akan memperbanyak sosialisasi hasil litbangyasa teknologi satelit, kita adakan juga kompetisi di bidang teknologi satelit mikro untuk kalangan mahasiswa serta memperluas lingkup kerjasama antar lembaga dalam jejaring PUI,” tukasnya.

Acara Supervisi PUI ini juga dihadiri oleh Kepala Bagian Administrasi Pusteksat, Rinto Ferdian; Kepala Sub Bagian SDM dan TU, Sujiati; para peneliti madya serta para pegawai Pusteksat. Hadir pula Direktur Utama PT. Telkomsat, Tonda Priyanto dan Direktur Pascasarjana Universitas Pakuan, Soewarto Hardhienata.

“Saya harap Pusteksat mampu mempertahankan bahkan meningkatkan kinerjanya agar tetap menjadi Pusat Unggulan Iptek. Mudah-mudahan pencapaian ke-27 indikator PUI-nya pun dapat lebih baik,” ucap Soewarto.

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL