Berita

Layanan Teknologi


Pusteksat Kenalkan Libangyasa Satelit pada Mahasiswa UI
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : edrbgr • 13 May 2019 • Dibaca : 538 x ,

Bertempat di Stasiun Bumi LAPAN Rumpin sebanyak 17 mahasiswa dan satu orang dosen pendamping mendapat pemaparan mengenai teknologi satelit yang sudah dikembangkan oleh LAPAN.

“Voice Repeater (VR) adalah salah satu muatan dari satelit LAPAN-A2 / LAPAN-ORARI (IO-86) yang digunakan dalam komunikasi kebencanaan, contoh dalam bencana gempa bumi di Lombok dan Palu yang telah terjadi, dengan VR yang langsung terhubung dengan satelit LAPAN-A2, kita bisa mendengarkan kondisi saat itu” ujar Peneliti Pusteksat, Sonny Dwi Harsono dalam acara Kunjungan Mahasiswa Universitas Indonesia Jurusan Teknik Mesin, Jumat 10 Mei 2019.

Dijelaskan Sonny, dalam event ORARI Satelit IO-86 seluruh anggota ORARI baik di Indonesia maupun mancanegara dapat menerima gambar yang telah dipotret satelit LAPAN. Pencitraan ini disebut dengan istilah slow scan television (SSTV) yang berguna dalam kondisi darurat seperti bencana.

“Jadi yang dilaporkan bisa dalam bentuk gambar dan suara” ujarnya.



Tak hanya mengenai satelit, Sonny juga menjelaskan tentang mekanisme kerja satelit yang ditampilkan dalam layar besar. “Dengan software penjejakan satelit, kita bisa melihat keberadaan satelit saat ini. Dengan itu kita bisa memprediksi kapan satelit akan melintasi stasiun bumi LAPAN yang tersebar di seluruh Indonesia,” sambungnya.

Sonny juga memaparkan satelit LAPAN A3 dalam bentuk mock up. LAPAN-IPB merupakan satelit generasi ketiga yang dibuat Pusteksat LAPAN dengan membawa empat buah antena.



“Ada empat buah antena yaitu antena AIS (automatic identification system) digunakan untuk menerima data AIS dari kapal-kapal sehingga kita dapat mengetahui pergerakan kapal, antena TT&C digunakan dalam menerima data telemetry satelit maupun memberikan perintah ke satelit, Antena X bands digunakan untuk mengirimkan data dengan kecepatan 105 Mbps, lalu antena S band digunakan untuk mengirimkan data video realtime ke bumi” pungkasnya. (edrbgr)

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL