Berita

Layanan Teknologi


Fakta-fakta Menarik tentang Balikpapan, Natuna dan Tawau
Penulis Berita : Desy • Fotografer : Hasil Citra Satelit LAPAN A2/LAPAN ORARI • 07 May 2019 • Dibaca : 99 x ,

Semenjak diluncurkan pada 2015 lalu, satelit LAPAN A2/LAPAN ORARI sudah memotret banyak citra, baik di wilayah Indonesia maupun negara lainnya. Sejumlah daerah yang berhasil dicitrakan oleh LAPAN A2/LAPAN ORARI ternyata memiliki fakta-fakta menarik yang patut untuk diketahui. Pada artikel kali ini ada tiga daerah yang akan dibahas yaitu Balikpapan, Natuna dan Tawau.

Balikpapan
Satelit LAPAN A2/LAPAN ORARI pernah mencitrakan wilayah Balikpapan pada 2016 silam. Wilayah yang terletak di provinsi Kalimantan Timur ini dijuluki sebagai Kota Minyak (Banua Patra) dan Bumi Manuntung. Balikpapan memiliki nama asli Billipapan atau Balikkappan (logat Banjar). Balikpapan juga identik dengan beruang madu. Hal ini dikarenakan wilayah Balikpapan menjadi tempat konservasi beruang madu yang sudah menjadi satwa langka. Sebagai bentuk perhatian, beruang madu menjadi maskot Kota Balikpapan. Balikpapan juga pernah dinobatkan sebagai Kota Paling Dicintai di Dunia (The World's Most Loveable City) oleh World Wildlife Fund (WWF) Kota Balikpapan pada April 2015 lalu. Masih di tahun yang sama, berdasarkan survei Indonesian Most Livable City Index versi Ikatan Ahli Perencana Indonesia (IAP) Balikpapan menjadi kota paling nyaman dan layak huni di Indonesia.

Natuna
Satelit LAPAN A2/LAPAN ORARI pernah mencitrakan wilayah Natuna pada 2017 silam. Pulau Natuna termasuk ke dalam provinsi Kepulauan Riau. Wilayah ini memiliki gugusan pemandangan alam yang indah, tak heran diberi nama Natuna (Natunae) yang berarti alami dalam bahasa Belanda. Pulau Natuna merupakan kepulauan terluar di bagian utara Indonesia yang berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan. Wilayah ini menjadi salah satu daerah terseksi yang dimiliki Indonesia. Hal ini dikarenakan wilayah Natuna memiliki sumber gas dan ikan yang melimpah. Kekayaan sumber daya alam inilah yang membuat pemerintah Cina mengklaim bahwa Natuna masuk ke dalam wilayah mereka. Sementara Indonesia mengklaim bahwa pulau Natuna beserta perairannya adalah bagian dari Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia karena letaknya yang berdekatan dengan pulau Sumatera. Fakta menarik lainnya adalah keberadaan Masjid Agung Natuna yang menjadi kebanggaan warga Natuna. Masjid ini digadang-gadang sebagai Taj Mahalnya Indonesia. Selain kaya dengan nilai filosofis islam, Masjid Agung Natuna juga menjadi yang termegah di Kepulauan Riau. Masjid yang dibangun pada 2007 ini berlokasi di Kota Ranai.

Tawau
Citra wilayah Tawau pernah dipotret oleh Satelit LAPAN A2/LAPAN ORARI pada 2016 lalu. Wilayah Tawau terletak di Malaysia dan menjadi kota terbesar ketiga di Sabah setelah Kinabalu dan Sandakan. Posisi wilayah Tawau berbatasan langsung dengan Kabupaten Nunukan yang merupakan bagian dari provinsi Kalimantan Utara. Itu sebabnya pasar tradisional di Tawau lebih banyak dikunjungi warga Nunukan karena harganya yang jauh lebih murah. Bagi penduduk Kalimantan letak Tawau yang berada di pesisir Malaysia menjadilkan wilayah tersebut sebagai pintu keluar dan pintu masuk dari dan menuju Malaysia. 

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL