Berita

Layanan Teknologi


Siswa Perwira Intelijen Teritorial Angkatan Darat Pelajari Teknologi Satelit LAPAN
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : Desy • 26 Mar 2019 • Dibaca : 456 x ,

Siswa Perwira Intelijen Teritorial Angkatan Darat berkesempatan berkunjung ke Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) dalam rangka Pendidikan Perwira Intelijen Teritorial Gel I TA 2019. Berbeda dengan kurikulum sebelumnya, pada tahun ini para siswa belajar mengenai teknologi satelit yang dikembangkan oleh LAPAN.

Bertempat di Gedung Aula Pusteksat, sebanyak 69 siswa serta 6 pendamping yang dipimpin oleh Komandan Satuan Pendidikan Perwira (Dansatdikpa), Letkol Inf Endang Nurmansyah disambut langsung oleh Plh Pusat Teknologi satelit, Rinto Ferdian, Selasa 26 Maret 2019.

Dalam sambutannya Rinto mengucapkan terima kasih karena telah memilih Pusteksat sebagai tempat belajar para siswa Intelijen Angkatan Darat. “Saya ucapkan terima kasih kepada pihak Pusdiklat Intel AD, LAPAN khususnya Pusat Teknologi satelit sebagai tempat berkunjung para siswa, diharapkan dengan kunjungan ini hasil litbang LAPAN khususnya teknologi satelit bisa dimanfaatkan kepada TNI serta masyarakat,” ujarnya. 

Kabag Administrasi ini juga memaparkan sejarah serta visi-misi LAPAN kepada para siswa. Dijelaskan Rinto, LAPAN berdiri pada 27 November 1963 dengan empat kompetensi utama yaitu Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Deputi Bidang Sain Antariksa dan Atmosfer serta Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa. 

“Pusteksat termasuk dalam Deputi Bidang Teknologi Penerbangan yang memiliki tugas dan fungsi mengembangkan teknologi satelit,” terangnya. 

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Dansatdikpa Letkol Inf Endang Nurmansyah mengatakan tujuan dari kunjungan ini adalah untuk menambah ilmu para siswa tentang teknologi satelit yang bisa dimanfaatkan saat bertugas kelak.

“Tujuan Pendidikan ke Pusteksat ini untuk mengembangkan kemampuan para siswa agar memiliki pengetahuan dan keterampilan sebagai Perwira Intelijen Teritorial yang berjiwa Sapta Marga dan Sumpah Prajurit,” tuturnya.


Acara pun dilanjutkan dengan sesi pemaparan hasil Penelitian, Pengembangan dan Perekayasaan (Litbangyasa) teknologi satelit oleh Peneliti Pusteksat, A. Hadi Syafrudin. Ia menjelaskan berbagai hal tentang satelit, mulai dari misi, muatan, serta data yang dihasilkan.

“Saat ini LAPAN sudah mempunyai satelit yang berada di orbit yaitu satelit LAPAN A1/LAPAN Tubsat, satelit LAPAN A2/LAPAN ORARI, satelit LAPAN A3/LAPAN IPB yang seluruh satelit tersebut dikendalikan oleh para engineering, tepatnya di gedung MCC (Mission Control Centre-red) yang berada di depan antena putih” ujar Leader Payload Imager Satelit Optik ini.

Hadi mengungkapkan, satelit A1 tidak memiliki misi khusus karena masih eksperimental. Meski demikian, satelit ini berfungsi melakukan pemantauan permukaan bumi.

“Satelit A2 membawa muatan AIS (Automatic Identification System-red) yang digunakan dalam pemantauan kapal, VR (Voice Repeater-red) dan APRS (Automatic Position Reporting System-red) digunakan untuk komunikasi kebencanaan serta Space Cam yang berguna memantau permukaan bumi dengan mengambil gambar daerah yang kita inginkan,” paparnya.

“Sementara satelit A3 selain memantau posisi kapal, satelit ini juga memiliki misi memantau keberadaan vegetasi yang berguna dalam ketahanan pangan kelak,” jelasnya.

Setelah mendapat pemaparan terori, para siswa diajak berkeliling ke beberapa fasilitas Pusteksat, diantaranya Electronic Lab, Satellite Workshop, Assembly, Integration, and Test (AIT) Lab,  serta Mission Control Centre (MCC) Building. Tepat pukul 13.00 WIB para siswa meninggalkan Pusteksat. (edr)


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL