Berita

Layanan Teknologi


SMA Luqman AL Hakim - Surabaya Terkesan dengan Pusteksat
Penulis Berita : Desy • Fotografer : Desy • 12 Feb 2019 • Dibaca : 88 x ,

Sebanyak 151 siswa dan 20 guru pendamping dari SMA Luqman AL Hakim - Surabaya berkunjung ke Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) di Bogor, Selasa 12 Februari 2019.

Rombongan tiba di Pusteksat sekitar pukul 08.30 WIB. Mereka langsung disambut oleh Kepala Sub Bagian Barang Milik Negara dan Keuangan Pusteksat, Rinto Andri di Gedung Serba Guna. Dalam sambutannya Rinto menyampaikan terima kasih karena SMA Luqman AL Hakim - Surabaya sudah mau datang jauh-jauh ke Bogor untuk menggali pengetahuan tentang satelit.

"Terima kasih sudah berkunjung ke Pusteksat," ucapnya.

Rinto pun memaparkan tentang sejarah LAPAN yang berdiri sejak 27 November 1963. LAPAN memilik empat kopetensi utama yang terdiri dari Deputi bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Deputi bidang Penginderaan Jauh, Deputi bidang Sain Antariksa dan Atmosfere serta Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa.

"Saat ini LAPAN sudah memiliki 3 satelit yaitu LAPAN A1/LAPAN TUBSAT, LAPAN A2/LAPAN ORARI dan LAPAN A3/LAPAN IPB. Kita juga sedang membuat satelit A4, targetnya bisa meluncur pada 2020," ujarnya.

Sementara itu, pemaparan mengenai satelit disampaikan oleh Peneliti Pusteksat LAPAN, Desti. Dijelaskannya, satelit adalah benda yang mengorbit pada benda lain. Terdiri dari satelit alami seperti bulan, dan satelit buatan.

"Satelit itu orbitnya berbeda, seperti LAPAN A3 yang memiliki orbit polar. Sedangkan A2 orbitnya equatorial. A2 ini 14 kali sehari melintasi Indonesia dalam rentang waktu 15 menit," terangnya.

Selain itu, para siswa juga mendapat pemaparan tentang jenis satelit, proses peluncuran, muatan yang dibawa satelit, misi satelit serta lokasi stasiun bumi atau ground stations LAPAN di seluruh Indonesia.

Sesi presentasi pun ditutup dengan tanya jawab. Setelah itu rombongan dibagi menjadi empat kelompok untuk berkeliling melihat langsung fasilitas yang dimiliki Pusteksat.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMA Luqman AL Hakim - Surabaya, Santoso mengaku senang dan terkesan mendapat sambutan hangat dari Pusteksat. Menurutnya kunjungannya kali ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan para siswa terhadap dunia antariksa.

"Sebelumnya kami pernah ke LAPAN Bandung. Disana mendapar penjelasan seputar luar angkasa. Sekarang kami berkunjung ke Pusteksat untuk mengetahui teknologi satelit," tutur Santoso.

Ia pun berharap kunjungan seperti ini bisa dilakukan secara kontinyu setiap tahunnya. "Insya allah kami akan berkunjung kembali. Kami harap Pusteksat tidak pernah bosan menerima kunjungan kami," ucapnya.

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL