Berita

Layanan Teknologi


Siswa SD Bogor Raya Belajar Teknologi Satelit Sejak Dini
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : edrbgr • 10 Feb 2019 • Dibaca : 82 x ,

Sebanyak 53 siswa-siswi dan enam guru pendamping dari SD Bogor Raya berkunjung ke Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat), Rabu 6 Februari 2019. Mereka ingin belajar secara langsung mengenai antariksa dan teknologi satelit.

Betempat di gedung seba guna Pusteksat, para siswa dan guru disambut oleh Kepala Bidang Diseminasi Pusteksat yang diwakilkan oleh Kepala Subbagian SDM dan Tata Usaha, Sujiati serta para Perekayasa dan staf Diseminasi.

Dalam sambutannya Sujiati menyampaikan rasa terharu dan bangga karena Pusteksat dikunjungi oleh para penerus bangsa. Menurutnya edukasi keantariksaan perlu diberikan sejak dini agar mudah diingat dan dimengerti.

"Kami ucapkan terima kasih kepada sekolah SD Bogor Raya atas kunjungannya. Kami merasa bangga dan terharu bisa dikunjungi oleh adik-adik para penerus bangsa,” ujarnya.

Sujiati pun mengenalkan sejarah berdirinya LAPAN kepada para siswa. Mereka juga mendapat pengetahuan tentang tugas Pusteksat serta lokasi LAPAN yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Guru pendamping dari SD Bogor Raya, Lia menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dari Pusteksat.

"Kami harap adik-adik di sini bisa menggali sebanyak-banyaknya ilmu tentang teknologi satelit, karena topik pembelajaran di sekolah tentang kegunaan satelit dalam kehidupan sehari-hari," tuturnya.

Sementara itu, Perekayasa Pusteksat Nova Maras Nurul Khamzah dan Rise Hapsary Surayuda menjelaskan tentang jenis satelit yang berada di alam semesta serta kegunaan bagi manusia saat ini. 

“Satelit buatan manusia banyak jenis dan kegunaannya contoh satelit komunikasi, satelit cuaca, satelit navigasi , satelit pengamat bumi serta satelit stasiun bumi yang digunakan untuk penelitian para astronot dan masih banyak lagi kegunaan-kegunaan satelit bagi kehidupan manusia,” ujar Nova.

Selain mendapat penjelasan, para siswa pun menonton video-video tentang peluncuran satelit menggunakan roket, orbit satelit serta satelit yang berada di ruang angkasa. Acara ini diakhiri dengan tanya jawab.(edr)



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL