Berita

Layanan Teknologi


LAPAN Siap Tingkatkan Pelayanan Inderaja Guna Mendukung Industri 4.0
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : sgt/edr • 04 Feb 2019 • Dibaca : 50 x ,

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Citra Satelit Penginderaan Jauh (inderaja) Tahun 2019”. Bertempat di Birawa Hall Hotel Bidakara, Jakarta, hasil-hasil litbangyasa LAPAN lainnya dalam bentuk poster maupun mock-up roket RX 1220 dan LSU.02 NGLD, Rabu 30 Januari 2019.

Rakornas kali ini mengusung tema “Penyelenggaraan Kegiatan Penginderaan Jauh untuk Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) era Industri 4.0”.Tujuannya untuk memudahkan masyarakat dalam menggunakan data penginderaan jauh melalui aplikasi berbasisandroid yaitu SPACeMAP (Sistem Penyajian Data yang Cepat, Mudah, Aman, dan Populer) dan SIPANDORA (Sistem Pemantauan Bumi Nasional berbasis Android). Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin saat membuka acara membahas citra satelit yang dimiliki LAPAN. Ia mengatakan, LAPAN memiliki citra dengan berbagai resolusi yaitu, rendah, menengah, tinggi, dan sangat tinggi.

Selain itu, Kepala LAPAN juga meluncurkan aplikasi berbasis Android SPACeMap yang menyajikan pelayanan data citra satelit mulai dari resolusi rendah hingga resolusi sangat tinggi. Sedangkan SIPANDORA menyajikan informasi mengenai Sistem Pemantauan Sumber Daya Alam dan Lingkungan (SIPANDA) dan Sistem Informasi untuk Mitigasi Bencana (SIMBA).

Informasi yang disampaikan SIPANDA terkait sumber daya alam dan lingkungan wilayah darat, pesisir, dan laut berbasis data satelit penginderaan jauh. Sementara SIMBA merupakan layanan informasi peringatan dini dan tanggap darurat bencana berbasis data penginderaan jauh.

"Kedua sistem tersebut merupakan upaya LAPAN dalam memberikan layanan data dan informasi satelit inderaja berbasis digital dengan cepat, mudah, aman, dan populer. Selanjutnya, LAPAN akan terus mengembangkan sistem-sistem lainnya untuk meningkatkan layanan sebagai bentuk komitmen dalam mendukung industri 4.0," ungkap Thomas.

Dalam acara ini, LAPAN juga menyerahkan data satelit penginderaan jauh kepada para pemangku kepentingan dan pengguna di lingkungan instansi pemerintah.Terdiri dari 21 Kementerian/Lembaga, 3 TNI, 1 Polri, 34 Pemerintah Provinsi, dan 51 Pemerintah Kabupaten/Kota.

LAPAN juga memberikan penghargaan Indriya Mandrawa kepada 4 Kementerian/Lembaga Pemerintah, 1 TNI, 4 Pemerintah Provinsi, dan 4 Pemerintah Kabupaten yang aktif memanfaatkan data dan informasi satelit penginderaan jauh selama periode 2018. Pemberian penghargaan ini guna memacu penggunaan dan pemanfaatan data penginderaan jauh untuk seluruh instansi pemerintah.(edr)


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL