Berita

Layanan Teknologi


Penasaran dengan Litbang Satelit LAPAN, Mahasiswa ITB Geruduk Pusteksat
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : edrbgr • 07 Feb 2019 • Dibaca : 1233 x ,

Mahasiswa  Institut Teknologi Bandung (ITB) program studi Teknik Dirgantara berkesempatan berkunjung ke Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) Bogor. Kegiatan  tersebut bertujuan untuk mengetahui hasil penelitian dan pengembangan (litbangyasa) teknologi satelit khususnya yang dikembangkan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional  (LAPAN), Jumat 1 Februari 2019.

Bertempat di Aula Serba Guna, sebanyak 42 mahasiswa dan satu dosen pendamping langsung diterima oleh Kepala Bidang Diseminasi Pusteksat Wahyudi Hasbi. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada para mahasiswa yang telahberkunjung ke satu-satunya kantor di Indonesia yang mengembangkan teknologi satelit.

Jadi adik adik boleh bangga bahwa tempat ini adalah tempat satu-satunya pusat pengembangan satelit di Indonesia. Ga ada lagi di tempat lain," ungkap pria yang akrab disapa Yudi ini.

Lalu beliau memperkenalkan beberapa peneliti dan perekayasa yang ternyata adalah alumni Teknik Dirgantara ITB juga. “Senior kalian nih” ujarnya.

Yudi pun melanjutkan pengenalan lembaga dengan menjelaskan visi misi LAPAN tahun 2019, serta 4 kopetensi utama LAPAN yang terdiri dari Deputi bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Deputi bidang Penginderaan Jjauh, Deputi bidang Sain Antariksa dan Atmosfere serta Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa. Penjelasan mengenai lokasi LAPAN yang berada tersebar di seluruh Indonesia pun menjadi materi penutup dari Kepala Bidang Diseminasi ini.

Sementara itu, hasil litbangyasa teknologi satelit disampaian oleh Amrulllah. Menurutnya tren satelit saat ini lebih mengarah pada perkembangan satelit mikro. Adapun hasil data satelit LAPAN digunakan oleh masyarakat dalam memantau kapal, komunikasi, vegetasi, permukaan bumi serta magnet bumi.

“LAPAN mempunyai beberapa tempat stasiun bumi yang digunakan dalam mengendalikan satelit, yaitu Stasiun Bumi Pare-pare, Stasiun Bumi Rancabungur, Stasuin Bumi Biak, Stasiun Bumi Kutotabang dan stasiun bumi yang berada di Svalbard Norwegia yang semua terhubung dengan MCC ( Mision Control Center) yang berada di Stasiun Bumi Rancabungur,” paparnya.

Diakhir kunjungan, para mahasiswa diajak berkeliling melihat fasilitas yang ada di Pusteksat. Diantaranya ruang AIT (Assembly , Integration ,and Test ), ruang Kendali Satelit MCC (Mision Control Center) dan workshop struktur satelit LAPAN. Acara kunjungan pun ditutup dengan pemberian cinderamata dan sesi foto bersama. Diakhir kunjungan, para mahasiswa diajak berkeliling melihat fasilitas yang ada di Pusteksat. (edr)

 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL