Berita

Layanan Teknologi


23 CPNS LAPAN Pusteksat dan Penempatan Biak dapat Wejangan di Hari Pertama Bekerja
Penulis Berita : Desy • Fotografer : endnk • 01 Feb 2019 • Dibaca : 197 x ,

Setelah mengikuti serangkaian seleksi sejak Oktober 2018 lalu, sekitar 23 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) penempatan Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) serta Balai Kendali Satelit, Pengamatan Antariksa dan Atmosfer, dan Penginderaan Jauh Biak, memulai hari pertama bekerja di kantor Pusteksat Jalan Cagak Satelit No. 8 Rancabungur, Bogor, Jumat (1/2/2019). 

Para CPNS ini mendapat penjelasan seputar LAPAN, khususnya Pusat Teknologi Satelit. Penjelasan disampaikan langsung oleh Kapusteksat, Mujtahid dan para pejabat struktural lainnya.

“Selamat datang kepada para CPNS yang lulus seleksi,” ucap Kapusteksat, Mujtahid saat membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) CPNS LAPAN.

Mujtahid pun berharap para CPNS yang sudah mulai bekerja di Pusteksat dapat memberikan kontribusi yang positif sesuai bidang masing-masing. Dengan demikian, nama Pusteksat dapat semakin dikenal oleh khalayak.

“Saya titip pesan untuk menjaga nama baik Pusteksat hingga Prajab. Mudah-mudahan CPNS Pusteksat bisa menjadi yang terbaik dari Satker (Satuan Kerja-red) yang lain,” pintanya.

Kapusteksat menjelaskan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan satelit LAPAN A4 yang ditargetkan dapat meluncur pada 2020 mendatang. Satelit ini akan hadir dengan kemampuan pengambilan gambar lebih baik dari pendahulunya.

“Meski mendapat banyak hambatan tapi kita upayakan agar A4 ini bisa meluncur sesuai target,” ujarnya.

Sebelumnya, LAPAN telah berhasil meluncurkan satelit LAPAN A1/LAPAN TUBSat pada 2007. LAPAN A1/LAPAN TUBSat menjadi satelit pertama buatan perekayasa LAPAN. Satelit ini diluncurkan dengan roket PSLV-C7 dari Bandar Antariksa Satish Dhawan Sriharikotta, India, 10 Januari 2007.

Lima tahun berselang, LAPAN kembali meluncurkan satelit LAPAN A2/ LAPAN ORARI. Satelit A2 dilengkapi sejumlah instrumen yang lebih baik daripada A1, seperti kamera digital dan kamera video analog untuk memotret muka Bumi beresolusi 3,5 meter dan lebar sapuan 7 km.

Sementara satelit LAPAN A3/LAPAN IPB diluncurkan pada 2016. Satelit ini pernah mengabadikan citra Kota Madinah Al Munawarah dari luar angkasa. Pada citra tersebut tampak jelas titik-titik merah yang menyerupai air dari bukit ke sekitar kota suci tersebut. Namun warna merah tersebut bukanlah air yang sebenarnya, melainkan penampakan citra vegetasi.

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL