Berita

Layanan Teknologi


Satelit LAPAN dalam Indo Defence 2018
Penulis Berita : Tim web Pusteksat • Fotografer : edrbgr • 14 Nov 2018 • Dibaca : 222 x ,

Mock-up Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB di pamerkan dalam Indo Defence 2018 yang tergabung dalam Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bersama Mock-Up Roket LAPAN RX-120, LSU-02 NGLD, Mock Up N-219, Polimer GUN Mock Up, Pro Bar dan Diving Propultion Vehicle, dalam produk inovasi pertahanan yang dihasilkan oleh Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Jakarta Expo Kemayoran, pada 7-10 November 2018.
Pada hari pertama kegiatan, 7 November 2018, acara diawali dengan pembukaan yang disampaikan oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. Dalam acara tersebut, beliau mengatakan bahwa pameran Indo Defence memberikan pilihan-pilihan dan pengetahuan baru. Oleh karena itu, negara membutuhkan pertahanan dan keamanan serta harus mempunyai angkatan bersenjata. Negara harus mempunyai peralatan yang disiapkan untuk itu.

Penyelenggaraan Indo Defence yang kedelapan pada tahun 2018 juga menjadi ajang diplomasi pertahanan Indonesia guna meningkatkan perdamaian dan kemakmuran dunia. Pada kesempatan ini pula diplomat Timor Leste, Alberto Carlos berkesempatan mengunjungi stan Ristekdikti yang langsung di terima oleh Kepala Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Kemenristekdikti, Nada Marsudi. Dalam kunjungannya, Alberto mengatakan, pihaknya tertarik dengan inovasi yang dilakukan oleh LAPAN. Menurutnya, Timor Leste sedang menggiatkan pengawasan terkait illegal fishing. “Timor Leste mengalami kerugian 30-40 juta dollar karena illegal fishing,” ujarnya. Dengan adanya satelit dari LAPAN, diharapkan dapat mengurangi illegal fishing.


Jumlah peserta yang berpartisipasi dalam penyelenggaraan Indo Defence Tahun 2018 sebanyak 867 perusahaan industri alutsista dari 60 negara, antara lain, Australia, Yunani, Slovakia, Arab Saudi, dan Jepang. Sejumlah perusahaan asing yang turut hadir dalam Indo Defence 2018, antara lain, Rheinmetal, Nexter, Reutech, Turkish Aerospace Industri, Inc, Polish Armanent Group, dan SVOS.

Dengan diperlihatkannya mock-up satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB dan menjelaskan manfaat serta kegunaaannya kepada masyarakat maupun kepada para TNI, diharapkan satelit LAPAN bisa berkontribusi dalam keamanan dan pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL