Berita

Layanan Teknologi


Mengenalkan Teknologi Satelit kepada Santri Pondok Pesantren Ummul Quro Al-Islami Leuwimekar, Leuwiliang, Bogor
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : edrbgr • 26 Oct 2018 • Dibaca : 339 x ,

Pusat Teknologi Satelit menjadi pemateri dalam acara UQI SAIN EXPO 2018 yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Ummul Quro Al- Islami Leuwimekar, Leuwiliang, Bogor, Jawa Barat. Acara tersebut sebagai sarana pembelajaran santri putra putri untuk memberikan pengetahuan di bidang sains dan teknologi yang saat ini berkembang sangat pesat, pada 22 Oktober 2018.

Bertempat di Aula Pondok Pesantren Ummul Quro Al-Islami, acara tersebut dihadiri oleh : Harliana S.Pd I Kepala Sekolah Madrasah Aliah Ummul Quro Al-Islami, Nayla Najati (LAPAN), Nadia dan Febi (LPPOM), Akhirudin Madu serta mahasiwa Fisika IPB, Edhi Sandra, Azizah Zahra Eshaflora, Ibu Endar, Siti Umamah Naili Muna (Aktuaria) serta para pelajar pondok pesantren Ummul Quro Al-Islami.

Acara di awali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan sambutan yang di sampaikan oleh Ust Harliana S.Pd I, Kepala Sekolah Madrasah Aliah. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih kepada narasumber yang telah hadir dan juga kepada para panitia atas kerja kerasnya sehingga acara tersebut dapat terselenggara. Menurut beliau, acara ini sebagai ajang menambah wawasan para santri putra putri sehingga dapat meningkatkan talenta dan potensi para santri putra putri di bidang sains dan teknologi. Selain itu, kegiatan ini juga dapat bermanfaat untuk menambah silahturahmi ke para ahli di bidang sains teknologi, serta dapat meningkatkan motivasi dan wawasan pengetahuan santri putra putri pondok Pesantren Ummul Quro Al-Islami terhadap sains dan teknologi. Selai itu, Harliana menekankan santri saat ini bukan hanya menguasai di bidang agama tetapi harus juga menguasai Sains Teknologi yang berkembang saat ini. Acara dilanjutkan dengan penyerahan Cinderamata oleh panitia kepada para narasumber. 

Dalam pengenalan Penelitian dan Pengembangan Litbangyasa Teknologi Satelit yang di sampaikan oleh Nayla Najati, MT, yang bertempat di ruang kelas putra, beliau menjelaskan mengenai sejarah LAPAN, Visi Misi yang di emban, kantor-kantor yang mengembangkan teknologi, dari satelit, penerbangan, roket maupun penelitian tentang antariksa dan hasil data satelit yang sangat berguna bagi masyarakat serta keberadaan LAPAN yang tersebar di seluruh Indonesia. Materi dilanjutkan dengan pemaparan teknologi satelit serta perkembangannya hingga saat ini. “ Pusat Teknologi Satelit-LAPAN saat ini sudah meluncurkan 3 satelit karya anak bangsa yaitu Satelit LAPAN-A1/LAPAN-TUBSat, yang telah di luncurkan pada 10 Januari 2007, Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI yang telah di luncurkan pada 28 September 2016 dan Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB yang telah di luncurkan pada 22 Juni 2016. Dari 3 satelit tersebut sudah banyak data yang telah dihasilkan, di antaranya pemantau pergerakan kapal, pemantauan lahan pertanian, komunikasi kebencanaan, pemantauan magnet bumi dan lain sebagainya, yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, instansi swasta maupun negeri’’ ujar Nayla. Acara diakhiri dengan tanya jawab serta pertukaran cenderamata untuk ke dua belah pihak.

Dengan pengenalan sains teknologi di lingkungan pesantren, di harapkan para santri dapat menambah ilmu dan wawasan tentang Penerbangan dan Antariksa serta mengenal lebih jauh tentang teknologi apa saja yang berkembang saat ini.




Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL