Berita

Layanan Teknologi


Edukasi Publik LAPAN di Puspitek Innovation Festival 2018
Penulis Berita : RZ • Fotografer : ORARI • 04 Oct 2018 • Dibaca : 323 x ,

LAPAN berpartisipasi dalam Puspitek Innovation Festival (PIF) 2018 di Graha widya bhakti, Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan pada 27 – 30 September 2018 dengan tema “ Innovation For All”. Acara ini merupakan ajang untuk mengenalkan dan menanamkan kecintaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi serta inovasi kepada masyarakat umum terhadap pentingnya penguasaan teknologi. Beberapa pengunjung yang hadir berasal dari negara-negara di Asean dan India

Dalam PIF 2018 ini LAPAN turut memberikan edukasi mengenai bimbingan komunikasi melalui satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI (IO -86) dengan Radio Genggam serta mengenai planet dan tata surya melalui fasilitas mini planetarium. Antusias peserta bimtek dan pengunjung mini planetarium sangat besar dan diharapkan mereka mampu belajar dan menambah wawasan tentang dunia luar angkasa dan teknologi.

Dalam Bimbingan Komunikasi Melalui Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI (IO -86) dengan Radio Genggam di hari terakhir, LAPAN bekerja sama dengan ORARI memberikan penjelasan tentang sejarah teknologi satelit, pembuatan antena sederhana dan lain sebagainya, Adapun peserta yang mengikuti berasal dari berbagai negara diantaranya Indonesia, India, Laos, Myanmar dan Vietnam. Bimtek ini disajikan dengan cara yang menyenangkan dan mendidik oleh peneliti satelit LAPAN dan penggiat komunikasi radio amatir melalui satelit.

Kepala Bagian Diseminasi, Pusteksat, Wahyudi Hasbi dalam presentasinya memaparkan mengenai sejarah teknologi satelit, perkembangan teknologi satelit dan pemanfaatan teknologi satelit bagi kehidupan manusia. Kemudian selanjutnya peserta diberikan materi terkait dengan komunikasi satelit amatir baik voice maupun data oleh Suryono Adisoemarto dari ORARI.

Tidak hanya materi saja namun para peserta juga praktik pembuatan antena untuk komunikasi melalui satelit LAPAN A2/LAPAN-Orari (IO-86) dan praktik komunikasi secara langsung dengan anggota amatir radio se-Asia. LAPAN berharap para peserta yang mengikuti kegiatan ini memiliki pengetahuan dasar tentang teknologi satelit, mengetahui kemampuan LAPAN dalam mengembangkan satelit dan mampu melakukan komunikasi amatir melalui satelit yang dibutuhkan ketika terjadi bencana. Kegiatan ini diakhiri dengan diskusi dan sharing ilmu pengetahuan dan teknologi bermanfaat dari ahli maupun peserta lainnya.


LAPAN akan terus memberikan layanan edukasi bagi masyarakat dan generasi muda guna membangun kecintaan terhadap dunia teknologi keantariksaan sehingga diharapkan Indonesia akan mampu menjadi negara yang memiliki kemandirian terhadap penguasaan teknologi khususnya dibidang penerbangan dan antariksa. 



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL