Berita

Layanan Teknologi


ICARES 2018 sebagai Ajang Pertukaran Informasi Teknologi Satelit Saat ini
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : edrbgr • 27 Sep 2018 • Dibaca : 318 x ,

LAPAN bekerja sama dengan Indonesia Section IEEE Aerospace & Electronics System Society and The Geoscience & Remote Sensing Society Joint Chapter (IEEE AESS/ GRSS Chapter), kembali menyelenggarakan konferensi skala internasional, International Conference on Aerospace Electronics and Remote Sensing Technology (ICARES), yang bertempat di Hotel Discovery Kartika Plaza, Bali, Indonesia. Acara dilaksanakan pada tanggal 20 September 2018.

Konferensi tersebut dihadiri oleh Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin, Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Rika Andiarti, Kepala Pusat Teknologi Satelit, Mujtahid, Kepala Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa Robertus Heru Triharjanto, Kepala Biro Kerja sama, Hubungan Masyarakat, dan Umum Christianus Ratrias Dewanto serta Kepala IEEE AESS/GRSS Joint Chater Indonesia, Arifin Nugroho. Turut hadir pula Kepala IEEE Indonesia Satriyo Damantyo, serta para pemakalah dari berbagai negara, diantaranya Indonesia, Thailand, Jerman, Pakistan, Mesir, India, Iran, Philipina serta Jepang.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia ICARES 2018, Wahyudi Hasbi, menyampaikan rasa terima kasih karena para hadirin bisa mengikuti kegiatan tersebut dan berharap agar acara tersebut menjadi wadah untuk mendiseminasikan informasi produk riset LAPAN yang terbaru serta produk riset mengenai teknologi sensor dan wahana berbasis antariksa yang meliputi teknologi satelit mikro dan UAV, komunikasi perangkat seluler di darat dan laut, desain kontrol wahana antariksa, serta pengembangan penginderaan jauh gelombang mikro, teknologi SAR, Big SAR dan lain sebagainya dari para pemateri berbagai negara. Setelah melalui beberapa tahapan seleksi oleh anggota TPC yang berasal dari berbagai lembaga Internasional, terpilih 29 makalah yang diterima dan akan dipresentasikan.



Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin, dalam sambutan serta pembukaannya menyampaikan harapan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut dapat mempererat kerja sama untuk aplikasi penginderaan jauh, pesawat tanpa awak, dan peluncuran wahana satelit. Menurutnya, teknologi satelit sudah menjadi kebutuhan sehari-hari setiap individu, tak hanya dimiliki korporasi saja. Teknologi satelit tidak hanya untuk kebutuhan komunikasi, namun juga untuk pemetaan bumi, dan pemenuhan kebutuhan teknologi informasi. Setiap orang kini memiliki telpon seluler untuk berkomunikasi, menikmati siaran televisi, radio, dan kebutuhan lainnya terkait internet. Selain itu, teknologi satelit juga mendukung pembangunan dalam hal pemantauan penginderaan jauh seperti sumber daya alam, kebencanaan dan tata kota.

Acara dilanjutkan dengan presentasi utama oleh Dr Rika Andiarti, Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa LAPAN, yang menyampaikan tentang aktivitas kedirgantaraan di Indonesia: kini dan di masa yang akan datang. Setelah itu, presentasi dilanjutkan oleh Prof. Akira Hirose dari Tokyo University, yang memaparkan tentang pemrosesan data Big SAR berbasis jaringan neural. Selanjutnya, Prof. Hiroyoshi Hamada Japan GRSS, Nigata University, mempresentasikan polarimetri SAR untuk klasifikasi tutupan lahan serta Dr. Shiv MOHAN (Gujarat GRSS, ISRO) memaparkan Aplikasi SAR multi-frekuensi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan hasil riset pegawai Pusat Teknologi Satelit-LAPAN, diantaranya : Muazam Nugroho, “A Case Study in User Capacity Planning for Low Earth Orbit Communication Satellite”, Maulana Ali Arifin, “Study on Impact of Outdated Two-Line Element Sets in Tracking of LAPAN-A2 and LAPAN-A3 Satellites”, Satriya Utama , “A Green Propulsion System Requirement for LAPAN-A4”, Kamirul, ”Statistical-based Stripe Noise Correction on LAPAN Microsatellite Imagery”, Patria Rachman Hakim, ”Autonomous Image Georeferencing Based on Database Image Matching”, Patria Rachman Hakim, ”Satellite Attitude Determination Based on Pushbroom Image Band Coregistration”, Rommy Hartono, “Implementation Of CAN Bus Communication To UART In LAPAN-A4 Satellite”, Muhammad Saifudin, “LAPAN-A4 Concept and Design for Earth Observation and Maritime Monitoring Missions”

Diharapkan dengan terselenggaranya ICARES 2018 ini akan semakin meningkatkan pertukaran informasi teknologi satelit di masing-masing negara, serta dapat membuka peluang kerja sama yang lebih erat lagi untuk ke depannya.







Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL