Berita

Layanan Teknologi


Sosialisasi Hasil Litbangyasa Teknologi Satelit dalam rangka kunjungan Industri Mahasiswa Teknik Geodesi Institut Teknologi Nasional (ITENAS)-Bandung
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : edrbgr • 29 Sep 2018 • Dibaca : 333 x ,

Kunjungan Industri mahasiswa Teknik Geodesi Institut Teknologi Nasional (ITENAS)-Bandung ke Pusat Teknologi Satelit LAPAN adalah sebagai ajang peningkatan pengetahuan tentang penelitian dan pengembangan teknologi satelit yang saat ini dikembangkan oleh LAPAN. Bertempat di gedung serba guna Pusteksat, sebanyak 250 mahasiswa dan 5 dosen pendamping diterima langsung oleh Kepala Bidang Diseminasi Pusat Teknologi Satelit serta pegawai yang mendukung acara tersebut.

Dalam sambutannya, Kepala Program Studi Teknik Geodesi ITENAS Ir. Rinaldy, M.T mengucapkan terima kasih karena bisa berkunjung ke Pusteksat, dan besar harapan dengan kunjungan ini bisa menambah wawasan tentang teknologi satelit serta bisa secara langsung mengetahui kegiatan yang dilakukan dalam penelitian dan pengembangan teknologi satelit.

Selanjutnya, Kepala Bidang Diseminasi Pusat Teknologi Satelit, Wahyudi Hasbi, S.Si, M. Kom menyampaikan sambutan sekaligus pengenalan lembaga. Beliau mengucapkan terima kasih karena Pusteksat bersedia menjadi rujukan kunjungan industri mahasiswa dan di harapkan setelah berkunjung bisa mengetahui tentang teknologi satelit yang sedang tren saat ini, serta teknologi satelit yang dikembangkan oleh LAPAN. “Ini adalah kunjungan terbesar yang di terima oleh Pusteksat sebanyak 250 orang, mohon maaf bila masih ada kekurangannya” ujar Wahyudi Hasbi. Dalam pengenalan lembaga, Wahyudi menjelaskan tentang sejarah terbentuknya LAPAN, tugas dan fungsi, kegiatan Litbangyasa di setiap kepusatan serta diperlihatkan juga peta lokasi LAPAN yang berada di seluruh Indonesia.

Memasuki kegiatan inti, Nayla Najati, M.T., Perekayasa Pusteksat, dalam presentasinya menjelaskan tentang hasil Litbangyasa Pusat Teknologi satelit, yang di mulai dengan satelit pertama yaitu Satelit LAPAN-A1/LAPAN-TUBSat, Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI dan Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB yang sudah mengorbit dan hasil datanya juga telah didapat. Nayla juga menjelaskan tentang satelit LAPAN-A4 dan Satelit-A5 yang akan diluncurkan berikutnya, sekitar tahun 2020 serta misi yang diemban. Selain itu, Nayla juga memaparkan terkait Ground Station yang mendukung dalam operasi misi satelit LAPAN. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. 



Di penghujung acara, para mahasiswa melakukan kunjungan ke fasilitas yang berada di Pusteksat yaitu Ruang Workshop Satelit, Ruang Assembly, Integration and Test (AIT) dan gedung Mission Control Centre (MCC). Dalam kunjungan ke Ruang Workshop Satelit, Wahyu Akbar Megah, S.T dan Hilma Silviani, A.Md. menjelaskan tentang pembuatan struktur satelit serta komponen-komponen penunjang lainnya serta diperlihatkan pula video cara kerja mesin Computer Numerical Control (CNC) bekerja dalam pembuatan struktur satelit. Selanjutnya, di ruang AIT Muhammad Taufik, M.T. menjelaskan tentang ala-alat yang di gunakan dalam melakukan integrasi serta test terhadap satelit maupun komponen-komponennya dan diperlihatkan juga video Assembly Satelit LAPAN-A3, dan di lanjutkan dengan kunjungan ke gedung MCC. Maulana Dwi Nur Dawami, A.Md, dan Sartika Salaswati, S.Si. menjelaskan tetang tugas dan fungsi para operator yang mengendalikan satelit serta di perlihatkan pula hasil-hasil satelit LAPAN.


Acara diakhiri dengan pertukaran cinderamata serta foto bersama. Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan para mahasiswa dapat menambah wawasan tentang teknologi satelit yang saat ini sedang LAPAN kembangkan serta menambah kecintaan terhadap dunia keantariksaan.


.



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL