Berita

Layanan Teknologi


Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual “Awareness and Sharing Knowledge” Di Pusat Teknologi Satelit
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : edrbgr • 05 Sep 2018 • Dibaca : 445 x ,

Hak Kekayaan Intelektual merupakan hak eksklusif yang diberikan negara kepada seseorang, sekelompok orang, maupun lembaga untuk memegang kuasa dalam menggunakan dan mendapatkan manfaat dari kekayaan intelektual yang dimiliki atau diciptakan. Pusat Inovasi dan Standar Penerbangan dan Antariksa (Pusispan) – LAPAN adalah satuan kerja yang bertugas untuk meningkatkan Produktivitas Kekayaan Intelektual LAPAN.

Bertempat di ruang serba guna Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat), Pusispan mengadakan Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual “Awareness and Sharing Knowledge” pada tanggal 15 Agustus 2018. Acara tersebut dihadiri oleh Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa Nasional, Dr. Rika Andiarti, Kepala Pusat Teknologi Satelit , Ir. Mujtahid, M.T, Kepala Pusat Inovasi dan Standar Penerbangan dan Antariksa, Ir. Yuliantini Erowati, M.Si serta para struktural lainnya. Selain itu, para peneliti dan perekayasa Pusteksat juga turut menghadiri kegiatan tersebut. 

Dalam pembukaan serta arahan yang di sampaikan oleh Rika Andiarti, beliau menyampaikan kegiatan ini sangat penting di sosialisasikan karena hak kekayaan intelektual dalam dunia penelitian adalah salah satu poin yang utama dan penting, Semakin banyak hak paten maka hal ini menunjukkan bahwa penelitian itu sangat berkembang. Beliau juga menekankan bahwa saat ini di LAPAN terus berlomba-lomba dalam mematenkan hasil temuannya dan saat ini Pusat Teknologi Roket adalah penyumbang terbanyak paten yaitu 33 yang di usulkan dan 8 yang sudah paten dan Invensi (granted).



Kepala Pussispan, Ir. Yuliantini Erowati, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa bagian tugas Pusispan adalah melaksanakan pengkajian dan pengembangan inovasi dan standar di bidang penerbangan dan antariksa, sesuai Perka LAPAN No 10/2017 tentang standardisasi penerbangan dan antariksa. Penetapan kebijakan umum dan teknis terdiri atas penentuan norma, standar, pedoman, dan kriteria penyelenggaraan keantariksaan yaitu pelaksanaan perumusan rancangan standar nasional indonesia ruang lingkup penerbangan dan antariksa, penerapan standar nasional indonesia dalam rangka pembinaan terhadap penyelenggara keantariksaan, pengawasan kepatuhan terhadap penerapan standardisasi penyelenggaraan keantariksaan, dan kaji ulang standar nasional indonesia bidang standar penerbangan dan antariksa. 



Yoko Setianto, ST, M.Si. sebagai narasumber DJHKI Direktorat Jenderal Kekayaan Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI menjelaskan tentang tahapan-tahapan apa aja yang harus di lakukan dalam melakukan pengajuan hak paten hingga menjadi paten granted, lalu di perlihatkan juga contoh paten dari berbagai hasil komponen, desain, merek serta di akhiri dengan tanya jawab dan pemberian cenderamata kepada narasumber.



Penulis: Endar Wurianto / Sujianti
Dokumentasi : Endar Wurianto

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL