Berita

Layanan Teknologi


Bimtek Komunikasi Melalui Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI (IO-86) dengan Radio Genggam HAKTEKNAS 2018
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : edrbgr • 14 Aug 2018 • Dibaca : 629 x ,

LAPAN, Kemenristekdikti , Pemprov Riau serta ORARI mengadakan “Bimtek Komunikasi Melalui Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI (IO-86) dengan Radio Genggam’’. Acara ini dilaksanakan di Komplek rumah Dinas Gubernur Riau, 11 Agustus 2018 dalam rangkaian kegiatan HAKTEKNAS ke-23 di Pekanbaru, Riau.

Bimtek ini bertujuan untuk menjadi ajang implementasi gelombang radio & frekuensi yang selama ini agak sukar di buktikan, dalam pelajaran fisika, elektronik dan komunikasi, yaitu dengan cara merakit suatu antena dan diuji cobakan ke satelit buatan anak bangsa, Satelit LAPAN-A2 LAPAN –ORARI atau yang disebut IO-86. Acara tersebut di ikuti oleh 90 mahasiswa yag terdiri dari beberapa Universitas, diantaranya Univ Riau, PCR Caltex Riau , UIN SUSQA , UIR serta pelajar SMA.

Turut hadir dalam kesempatan ini Kepala Bidang Informasi dan dokumentasi RISTEKDIKTI, Dadang Nugraha, Kepala Bagian Humas LAPAN, Jasyanto, Kepala Bidang Diseminasi Pusat Teknologi Satelit, Wahyudi Hasbi, Kepala sub bagian Komunikasi dan Publikasi Unggul Satrio Yudhotomo, serta dr Edhy Pramono, Yono Adisoemarta dari ORARI serta rekan-rekan ORARI Pekanbaru yang mendukung acara tersebut.

Acara diawali dengan sambutan oleh Dadang Nugraha. Beliau menyampaikan rasa bangga bahwa Bangsa Indonesia sudah bisa membuat satelit sendiri, ini adalah bentuk pengembangan riset dan teknologi yang di terapkan sangat luar biasa, dan workshop ini adalah ajang pembuktiannya. Kita menggunakan karya anak bangsa. Selanjutnya, Kepala Humas LAPAN menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah Riau, Ristekdikti, ORARI atas terselenggaranya acara tersebut dan diharapkan dengan bimtek ini para mahasiswa bisa menambah pengetahuan tentang teknologi satelit dan menjadi pembuktian bahwa satelit sangat ini sangat berguna bagi kehidupan manusia.

Dalam pemaparan yang di sampaikan oleh Kepala Bidang Diseminasi Wahyudi Hasbi, beliau menyampaikan tentang sejarah satelit, dari mana berasal, bagaimana penelitian saat itu, hingga berlanjut satelit yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi, prediksi cuaca, pemetaan, navigasi, pertanian, pertambangan serta penelitian-penelitian ruang angkasa serta di jelaskan juga hasil penelitian dan pengembangan di Pusat Teknologi Satelit yaitu Satelit LAPAN-A1/LAPAN-TUBSat, LAPAN-A2/LAPAN-ORARI, LAPAN-A3/LAPAN-IPB yang sudah meluncur dan menghasilkan data yang bisa digunakan kepada masyarakat yaitu berupa data gambar Satelit, data AIS, Magnetometer dan lain sebagainya. Di akhir acara, beliau juga menjelaskan rencana kedepan untuk meluncurkan satelit LAPAN-A4 dan satelit LAPAN-A5. 



Pemaparan selanjutnya disampaikan oleh dr Edhy Pramono, selaku perwakilan ORARI Pekanbaru yang menjelaskan bagaimana peran ORARI yang sudah berusia setengah abad ini mampu memberikan kontribusi yang positif untuk perkembangan teknologi komunikasi saat ini. Dan bagaimana Organisasi ini terus berperan dalam berbagai aktivitas yang bisa mendukung program pemerintah menuju masyarakat informasi Indonesia.

Dalam acara puncak Workshop Komunikasi Melalui Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI (IO-86) dengan Radio Genggam yang disampaikan oleh Yono Adisoemarta dan Mubin, para peserta pertama diberi penjelasan secara teori dan dilanjutkan praktik di lapangan. Dalam paparannya, Yono menjelaskan bagaimana berkomunikasi dengan menggunakan satelit amatir, bagaimana cara menggerakkan antena sesuai dengan pergerakan satelit, bagaimana melihat jadwal satelit dan lain sebagainya, dan dilanjutkan dengan praktik di lapangan. Terlihat antusias dan keingintahuan para peserta menggunakan antena yang dapat berkomunikasi secara langsung. Dalam menjalankan proses komunikasi tersebut, para peserta didampingi oleh tim ORARI Pekanbaru,dan berhasil berkomunikasi dengan anggota ORARI di Jakarta, maupun operator radio amatir di Thailand.



Diakhir acara, dalam sesi tanya jawab terlihat antusias para peserta mengajukan pertanyaan kepada narasumber tentang Teknologi Satelit, perkembangan satelit saat ini, fungsi LAPAN dan semua pertanyaan di jawab secara jelas dan mudah di pahami oleh para peserta.

Dengan bimtek ini diharapkan teknologi satelit yang selama ini sulit di pahami, dengan sangat mudah di mengerti serta menambah ilmu pengetahuan tentang Penerbangan dan Antariksa.







Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL