Berita

Layanan Teknologi


Peran Pusat Teknologi Satelit dalam Mendukung Kegiatan Himpunan Astronomi Amatir Jakarta
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : - • 08 Aug 2018 • Dibaca : 326 x ,

Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ) merupakan organisasi berkumpulnya masyarakat pencinta astronomi di Jakarta. Terbentuk pada 21 April 1984, menjadikan HAAJ sebagai organisasi tertua yang mendalami astronomi di Indonesia. Banyak kegiatan rutin yang diadakan berupa pertemuan rutin dwi mingguan pada hari Sabtu sore sampai malam, pengamatan bintang (star party), pameran, lomba, dan sebagainya. 

Sabtu (04/08) merupakan pertemuan rutin dwi mingguan yang ke-12 dari total agenda 19 pertemuan yang di rencanakan HAAJ pada tahun 2018. Kegiatan pertemuan dwi mingguan salah satu kegiatan HAAJ yang sangat baik dan beredukasi karena tema-tema yang diusung sungguh menarik dan menghadirkan narasumber yang berpengalaman dan kompeten pada bidangnya.

Suatu kehormatan bagi Pusat Teknologi Satelit LAPAN, karena HAAJ mengundang Kepala Bidang Diseminasi Wahyudi Hasbi, S.Si., M.Kom. untuk menjadi narasumber pertemuan rutin dwi mingguan ke-12. Ketersediaan untuk menjadi narasumber juga merupakan wujud Pusteksat LAPAN dalam mendukung kegiatan HAAJ yang sangat edukatif. Pertemuan tersebut mengusung tema “Mengenal Teknologi Satelit” dan bertempat di Ruang Pertemuan Lt 2 Planetarium dan Observatorium dan Dinas Pendidikan Propinsi DKI Jakarta, Jln. Cikini Raya No. 73 Jakarta Pusat.

Tepat pukul 16.00 WIB kegiatan dibuka oleh Penanggung Jawab pertemuan rutin dwi mingguan ke 12, Mila Izzatul Ikhsanti. Beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada para peserta yang sudah meluangkan waktunya untuk hadir pada kegiatan tersebut. Kemudian dilanjutkan oleh Nurdiansah selaku moderator yang mengenalkan narasumber kepada peserta. Peserta yang hadir sebanyak 150 orang dari kalangan masyarakat umum, profesional, Mahasiswa, Pelajar SMA, SMP, bahkan sekolah dasar.
Memasuki kegiatan inti, Wahyudi Hasbi, S.Si., M.Kom. memaparkan materi “Mengenal Teknologi Satelit”. Topik yang dibahas antara lain Sejarah pembuatan satelit di dunia dan di Indonesia,Perkembangan teknologi satelit, klasifikasi satelit buatan dan kegunaannya, peranan LAPAN dalam perkembangan teknologi satelit di Indonesia, deskripsi satelit yang telah dibuat oleh Indonesia, Projek pembuatan satelit terbaru yang sedang/akan dibuat di Indonesia. Presentasii berlangsung lancar, tak jarang narasumber meleparkan guyon yang membuat Ruang Pertemuan sore itu riuh dengan tawa peserta. 


Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dibagi menjadi dua. Pada sesi pertama banyak pertanyaan yang diajukan salah satunya yaitu, Apakah data dari satelit mikro milik LAPAN dapat diakses oleh pihak umum? Bias diakses dan diminta oleh setiap WNI, karena satelit LAPAN dibuat dari dana masyarakat berupa pajak yang diambil. Untuk prosedurnya dapat meminta akses ke Pusteksat LAPAN, dan kedepannya LAPAN berencana membuat portal untuk bias diakses oleh masyarakat umum Indonesia. Selanjutnya peserta diajak untuk melakukan peneropongan benda langit malam dengan objek Planet Venus, Jupiter, Saturnus, dan Mars, kemudian dilanjutkan dengan diskusi sesi kedua.

Antuisme yang tinggi dan rasa penasaran menggundang para peserta untuk mengajukan pertanyaan, namun karena keterbatasan waktu sehingga kegiatan tersebut harus disudahi pukul 19.30 WIB. Wahyudi Hasbi, S.Si., M.Kom. menyampaikan kepada para peserta yang masih haus informasi akan teknologi satelit dapat melakukan kunjungan langsung ke kantor pembuat Satelit, Pusteksat selalu terbuka lebar bagi masyarakat umum untuk melakukan kunjungan. Hal tersebut untuk mendukung fungsi Pusteksat yaitu mendiseminasikan hasil litbangyasa, pemanfaaatan teknologi satelit sehingga masyarakat akan lebih terbuka dan mengerti pentingnya teknologi satelit untuk mendorong kemandirian teknologi bangsa.




Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL