Berita

Layanan Teknologi


Pusat Teknologi Satelit Lakukan Simulasi Bencana Dalam Rangka kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : edrbgr/sonny • 05 May 2018 • Dibaca : 622 x ,

Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) LAPAN pada Kamis, 26 April 2018 menyelenggarakan simulasi kesiapsiagaan bencana dengan tujuan meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana.Kegiatan tersebut sebagai rangkaian dari peringatan hari kesiapsiagaan bencana (HKB) yang diperingati setiap tanggal 26 April setiap tahunnya.

Dalam simulasi tersebut digambarkan terjadi gempa yang mengharuskan setiap pegawai Pusteksat keluar dari gedung dan berkumpul dititik yang sudah di tentukan. Sebelumnya, arah dan petunjuk telah dipasang oleh tim diseminasi, agar semua pegawai bisa langsung mengetahui tujuan yang aman dalam keadaan bencana gempa tersebut.

Kepala Subbagian Keuangan dan BMN Pusteksat, Rinto Andri Wiendiarto menjelaskan bahwa kegiatan tersebut adalah salah satu upaya untuk menjaga kesiapsiagaan dalam suatu bencana dan diharapkan semua pegawai Pusteksat bisa mengetahui dan menerapkan apa yang telah dilakukan tadi. Menurut beliau, kedepannya, Pihak Manajemen merencanakan akan memasang alarm sebagai bentuk antisipasi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana.


Dalam arahannya, Sugianto sebagai Pembina Satuan Keamanan Pusteksat menjelaskan beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam situasi bencana gempa, diantaranya yaitu: tidak boleh panik agar bisa berpikir jernih untuk melakukan prosedur penyelamatan diri dan mencari tempat aman untuk berlindung seperti di kolong meja atau tempat tidur. Selain itu, kepala merunduk ke bawah dengan posisi tangan di atas kepala atau menggunakan alat perlindungan seperti bantal dan guling untuk melindungi organ tubuh yang penting. Setelah itu menunggu hingga guncangan berhenti dan keluar mencari tempat yang aman.

Selain itu, anggota ORARI juga melakukan simulasi komunikasi melalui satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI dengan beberapa anggota ORARI yang tersebar di seluruh Indonesia dengan kantor BNPB Jakarta. Anggota yang terlibat dalam simulasi tersebut yaitu YBØZ: Kantor BNPB Jakarta, YDØNXX : melaporkan Riau cuaca cerah, YB3MBN melaporkan Bekasi cuaca cerah, YF1ZQA : melaporkan Bogor gerimis, YDØRH melaporkan Bogor mendung, YG3BNG: melaporkan clear, YC7VVA : melaporkan Samarinda mendung, YG3BNG: melaporkan Blitar cuaca cerah berawan , YD5ANZ : melaporkan kondisi berawan.

Proses simulasi yang terjadi antara sesama anggota ORARI dengan BNPB Jakarta melalui satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI terlihat pada gambar di bawah ini. Di harapkan dengan melakukan simulasi ini, pegawai Pusteksat, anggota ORARI maupun BNPB bisa lebih meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaannya dalam menghadapi bencana.





Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL