Berita

Layanan Teknologi


Kunjungan Delegasi Pejabat ISRO ke Pusat Teknologi Satelit dalam Rangka Peluncuran Satelit ke Bulan
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : Firda • 01 May 2018 • Dibaca : 568 x ,

Delegasi Pejabat ISRO (India Space Research Organization) melakukan kunjungan ke Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) pada tanggal 26 April 2018. Delegasi Pejabat ISRO datang ke Pusteksat dengan tim yang terdiri dari Anoop Sivastasa selaku Joint Secretary ISRO, V.V. Srinivasan selaku Director ISTRAC, S. Arunan selaku Director Special Project ISRO, Dr. D Gowisankar selaku Deputy Director, International Cooperation ISRO, Dr. Sudha Raman selaku Deputy Director NSCS, T, K. Rajendran selaku Deputy General Manajer ISTRACT dan Ajit Singh dari Embassy Indian. 

Delegasi Pejabat ISRO diterima langsung oleh Kepala Biro Kerja Sama dan Humas LAPAN, Christianus R. Dewanto, Kepala Subbagian Keuangan dan BMN Pusteksat, Rinto Andri Wiendiarto, serta Peneliti dan Perekayasa di Ruang Rapat Pusteksat. Kunjungan tersebut bertujuan untuk meminta supporting peluncuran satelit Chandrayan-2 ke Bulan yang diperkirakan dilaksanakan pada Bulan Oktober/November 2018. Kedatangan Delegasi Pejabat ISRO ke Pusteksat adalah ingin melihat secara langsung fasilitas yang berada di Pusteksat, dan menurut rencana, mereka ingin menggunakan Antena Full Motion S/X - Band dalam rangka mendukung peluncuran satelit tersebut.

Dalam kunjungan ke fasilitas Pusteksat tersebut, Delegasi Pejabat ISRO diperlihatkan ruang AIT (Assembly Integration and Test). Ruang AIT tersebut digunakan dalam proses pengujian, pengintegrasian dan pengembangan satelit. Ruang AIT tersebut memiliki tingkat temperatur dan kelembaban yang harus terus di jaga tingkat kestabilannya. Setelah itu,Delegasi Pejabat ISRO melanjutkan kunjungannya ke gedung Mission Control Center (MCC). Robertus Heru Triharjanto, Peneliti Madya Pusteksat menjelaskan tentang sejarah Pusteksat dari awal dibangun pada tahun 1976 sampai sekarang, dengan memperlihatkan gambar-gambar kegiatan para pegawai Pusteksat. Selain itu dijelaskan juga mengenai pergerakan satelit serta hasil dari satelit LAPAN yang ditampilkan dalam monitor ruang kendali satelit. Sebelumnya, Delegasi Pejabat ISRO telah berkunjung ke LAPAN Pusat terkait pembahasan beberapa kerjasama.


Selanjutnya, Anshari Akbar, Peneliti Pertama Pusteksat, menerangkan tentang sistem antena yang meliputi frekuensi yang di gunakan, sistem uplink-downlink, penjadwalan satelit, program track dan auto track serta berbagai informasi lainnya. Kunjungan tersebut diakhiri dengan sesi foto bersama.




Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL