Berita

Layanan Teknologi


Peresmian Antenna Full Motion S-X Band Terbesar di Indonesia Untuk Mengoptimalkan Penerimaan Data Satelit LAPAN
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : edrbgr/lia • 06 Apr 2018 • Dibaca : 208 x ,

LAPAN telah menunjukkan keberhasilan dalam mendorong penguasaan teknologi satelit di Indonesia yang terlihat dari keberadaan satelit-satelit LAPAN yang berhasil diluncurkan. Dalam rangka lebih mengoptimalkan penerimaan data satelit-satelit tersebut, maka terobosan baru telah dilakukan LAPAN yaitu dengan meresmikan penggunaan “Antenna S-X Band Mission Control Centre LAPAN”, yang merupakan antenna full motion terbesar di Indonesia.

Peresmian antena tersebut diselenggarakan pada Selasa, 03 April 2018 pukul 08.00 WIB di Gedung Serbaguna Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) LAPAN, Bogor. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Ristekdikti Dr. Muhammad Dimyati yang mewakili Menristekdikti karena berhalangan hadir, Anggota Komisi VII Drs. KH. Nawafie Saleh, S.E., M.M., Perwakilan Kementerian BUMN, Direktur PT. TELKOM, Rektor Perguruan Tinggi, Duta Besar Negara Sahabat, dan Tamu Undangan dari kalangan Kementerian, Lembaga, Swasta, Masyarakat, dan lainnya.



Kegiatan yang di pandu oleh Aniek Sri Paryanti ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dinyanyikan bersama oleh seluruh tamu undangan yang hadir. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, Beliau menyampaikan bahwa antenna yang diresmikan ini merupakan bagian dari pengembangan teknologi satelit. LAPAN memiliki program pengembangan satelit yang sudah dirintis oleh pendahulu-pendahulu yang juga hadir pada peresmian ini.

Beliau menjelaskan lebih lanjut bahwa kecenderungan global saat ini berfokus kepada perkembangan satelit mikro. Rencana awal, satelit mikro fungsinya berfokus pada penginderaan jauh, kemudian generasi berikutnya LAPAN mengembangkan satelit operasional yang fungsinya berfokus pada komunikasi. Saat ini mulai dikembangkan satelit mikro yang membawa misi komunikasi dengan orbit rendah, sehingga beliau menilai kerjasama dengan PT Telkom dan beberapa Perguruan Tinggi dinilai sangat strategis. Harapan ke depan, kerjasama tersebut dapat memperkuat peran LAPAN dalam mengembangkan teknologi satelit yang memberikan kontribusi pada penguatan kemampuan pertumbuhan ekonomi berbasis teknologi.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Drs. KH. Nawafie Saleh, S.E., M.M.. Beliau menjelaskan bahwa peresmian Antenna S-X Band ini merupakan suatu kebanggaan dan suatu prestasi bagi Bangsa Indonesia. Komisi VII akan terus mengawal dan mendukung apa yang dilakukan LAPAN terutama dalam pengembangan teknologi satelit dan berharap kedepannya terus bermanfaat bagi bangsa Indonesia.

Acara selanjutnya yaitu penandatanganan naskah nota kesepahaman antara LAPAN dengan PT. Telkom, IPB, ITS, Universitas Syiah Kuala, dan Universitas Bandar Lampung. Selanjutnya, dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan IPB, ITS, dan Universitas Surya. Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan sertifikat tanah dari Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Bogor, Agustyarsyah, S.Si T,SH,MP. kepada Plh. Kepala Pusat Teknologi Satelit, yang diatas tanah tersebut dibangun Gedung Mission Control Centre yang terintegrasi dengan Antenna S & X-band.

Memasuki acara inti, Dr. Muhammad Dimyati menyampaikan, bahwa pengembangan teknologi satelit ini penting agar membawa negeri ini maju. Dengan pembangunan Antenna Full Motion S-X Band yang merupakan bagian dari operasional satelit, diharapkan kedepannya dapat memberi manfaat langsung bagi LAPAN sehingga dapat menghasilkan produk yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Selanjutnya, Dr. Muhammad Dimyati, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin dan Drs. KH. Nawafie Saleh, S.E., M.M. melakukan penekanan tombol sirine sebagai tanda diresmikannya Antenna S-X Band Mission Control Centre.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan do’a oleh Amrullah Abdul Qadir, S.T. Selanjutnya, para tamu undangan melakukan kunjungan ke fasilitas Antenna Full Motion S-X Band dan sebelum memasuki gedung para tamu berfoto bersama yang kemudian dilakukan penandatanganan prasasti. Para tamu disuguhi beraneka video pembuatan satelit yang selama ini dikembangkan LAPAN. Selanjutnya, para tamu undangan diperlihatkan ruang kendali utama satelit. Kepala Bidang Diseminasi Pusteksat, Wahyudi Hasbi, S.Si., M.Kom., menjelaskan fungsi dari ruang kendali tersebut yaitu mengendalikan satelit, menentukan misi operasi, mengontrol attitude, melihat kesehatan dan merawat satelit, mengakuisisi data satelit, dan berbagai fungsi lainnya.
Kegiatan diakhiri dengan dilaksanakannya press conference dengan awak media.















Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL