Berita

Layanan Teknologi


Presentasi Laporan Peserta Praktek Kerja Lapangan di Pusat Teknologi Satelit Oleh Mahasiswa Universitas Surya
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : edrbgr • 21 Mar 2018 • Dibaca : 612 x ,

Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) merupakan suatu lembaga penelitian dan pengembangan yang salah satu fungsinya adalah memberikan pembinaan dan pemberian bimbingan di bidang penelitian, pengembangan, perekayasaan dan pemanfaatan di bidang teknologi satelit. Salah satu bentuk pembinaan dan pemberian bimbingan tersebut adalah dengan diterimanya beberapa mahasiswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) dari berbagai perguruan tinggi. Sesuai prosedur yang berlaku, setiap mahasiswa yang memasuki akhir masa PKL, diwajibkan untuk mempresentasikan laporan hasil PKL mereka.

Terkait dengan hal tersebut, pada hari Jumat tanggal 19 Maret 2018, mahasiswa PKL dari Universitas Surya, Suhandinata, mempresentasikan hasil laporannya selama praktek kerja atau magang di Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) LAPAN. Mahasiswa jurusan Teknik Fisika Universitas Surya tersebut menyampaikan hasil PKL selama dua (2) bulan di Pusteksat LAPAN, terhitung sejak tanggal 15 Januari 2018. Kegiatan presentasi tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Tata Usaha Pusteksat, yang dihadiri oleh para peneliti dan perekayasa Pusteksat.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Subbagian SDM dan Tata Usaha (Kasubbag SDM dan TU) Sujiati, S.E., M.Si., dilanjutkan dengan presentasi Laporan PKL oleh Suhandinata dengan judul “Pengembangan On-Board Data Handling dan Integrasi Model Breadboard Surya Satellite-I” yang dibimbing Wahyudi Hasbi, S.Si., M.Kom. Suhandinata dalam presentasinya menjelaskan latar belakang pemilihan model tersebut, ruang lingkup penelitian atau kerja praktik, subsistem on-board data handling, AIT (Assembly, Integration, and Testing), dan pengembangan yang sudah dilakukan untuk kebutuhan misi Surya Satellite I, yang hasilnya sesuai dengan harapan.

Setelah presentasi berakhir, acara dilanjutkan dengan diskusi menarik dengan beberapa perekayasa dan peneliti Pusteksat LAPAN. Salah satu pegawai yang bertanya adalah Hasan Mayditia, S.Si., M.T., beliau menanyakan sudah sejauh mana perkembangan Surya Satellite I karena penelitian yang dikembangkan menggunakan objek tersebut dan beberapa saran diberikan dalam pemilihan komponen yang akan dimuat dalam Surya Satellite I.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan semakin menambah motivasi dan minat mahasiswa untuk terus belajar dan mendalami teknologi, khususnya teknologi satelit. Sudah menjadi tugas generasi muda, untuk terus belajar dan memberikan yang terbaik demi bangsa dan negara Indonesia.  

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL