Berita

Layanan Teknologi


Studi Banding Tim Perpustakaan Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa LAPAN ke Perpustakaan Pusat Teknologi Satelit LAPAN
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : Doni • 27 Mar 2018 • Dibaca : 891 x ,

Suatu kebanggaan baru bagi Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) LAPAN setelah menerima kunjungan dari Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa (KKPA) dalam rangka studi banding untuk pengembangan perpustakaan KKPA. Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Rapat Pusteksat LAPAN pada Senin, 26 Maret 2018. Peserta yang hadir dari pihak KKPA yaitu, Khanan Yusuf, S.AP selaku Kepala Sub Bagian SDM dan Umum, Titi Herawati, S. AP selaku Pustakawan Madya KKPA, Ernawati selaku Pengelola Perpustakaan, Muhaimin selaku Arsiparis Mahir, dan dua (2) mahasiswa PKL jurusan Manajemen Informasi dan Dokumen yaitu Reyhan Bairuni dan Syifa Syauqiya Cantika. Perwakilan dari Pusteksat yaitu Rinto Ferdian, S.T., M.M. selaku Kepala Bagian Administrasi dan Een Rohaeni, S.Pd., selaku Pustakawan Muda Pusteksat.
  
Acara diawali dengan sambutan dari Rinto Ferdian, S.T., M.M., beliau berharap dengan dilakukan studi banding ini baik KKPA dan Pusteksat dapat saling bertukar informasi untuk kemajuan perpustakaan masing-masing. Dilanjutkan dengan sambutan dari Khanan Yusuf, S.AP., yang menjelaskan maksud dari kunjungan ini dan berdiskusi dalam upaya peningkatan keinginan pegawai untuk datang ke perpustakaan. Titi Herawati, S. AP menambahkan bahwa Kepala Pusat KKPA ingin sekali menghidupkan kembali minat para pegawai untuk datang ke perpustakaan, dan sama-sama mencari penyebab menurunnya minat para pegawai untuk berkunjung ke perpustakaan.

Selanjutnya Een Rohaeni, S.Pd., mempresentasikan profil perpustakaan Pusteksat, beliau menjelaskan jenis perpustakaan yang ada di Pusteksat, Kondisi perpustakaan, koleksi yang tersedia, Pengolahan bahan pustaka, sistem keanggotan perpustakaan, pangkalan data yang dipakai perpustakaan Pusteksat yaitu SLiMS 7, dan foto-foto kegiatan pengelolaan perpustakaan Pusteksat. Selanjutnya menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan untuk menarik pengunjung seperti mengadakan survey kebutuhan buku yang dibutuhkan, dan apa harapan pengunjung dari perpustakaan Pusteksat. 


Diskusi berlangsung menarik karena mahasiswi PKL di KKPA pun ikut terlibat dalam diskusi tersebut. Reyhan Bairuni bertanya, “Sistem layanan apa yang diterapkan perpustakaan Pusteksat?”. Een Rohaeni, S.Pd., menjelaskan terdapat dua jenis sistem layanan yaitu open access dan close access, dan perpustakaan Pusteksat memakai sistem layanan open access dan close access, dan perpustakaan Pusteksat memakai sistem layanan open access dengan tujuan memberi kebebasan kepada pengunjung untuk dapat masuk dan memilih sendiri koleksi yang diinginkan dari rak.

Setelah diskusi berakhir, dilanjutkan dengan kunjungan ke Gedung Perpustakaan Pusteksat agar dapat melihat secara langsung kondisi dan bagaimana pengelolaan yang dilakukan. Kunjungan tersebut resmi di tutup dengan foto bersama dan pertukaran cenderamata dari masing-masing satker. 





Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL