Berita

Layanan Teknologi


Siswa Sekolah Alam Bekasi Mempelajari Satelit Secara Langsung di Pusat Teknologi Satelit-LAPAN
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : Doni • 24 Mar 2018 • Dibaca : 317 x ,

Suara riuh siswa siswi SD terdengar sepanjang koridor menuju Ruang Rapat Utama Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) LAPAN siang itu, sebagai pertanda semangat dan rasa keingintahuan yang tinggi akan tempat baru dan pertama kalinya yang mereka kunjungi. Selasa, 20 Maret 2018, Pusteksat LAPAN menyambut siswa-siswi luar biasa dari Sekolah Alam Bekasi yang berjumlah sembilan belas (19) siswa kelas 6 dan lima (5) guru pendamping. Tujuan dari kunjungan ini adalah terkait dengan salah satu materi pelajaran mengenai tata surya sehingga ingin mempelajari secara langsung tentang satelit.

Bertempat di Ruang Rapat Pusteksat, siswa-siswi tersebut diterima oleh Kepala Subbagian SDM dan Tata Usaha (Kasubbag SDM dan TU) Sujiati, S.E., M.Si dan juga oleh Tim Diseminasi Pusteksat. Acara dimulai dengan sambutan oleh Kasubbag SDM dan TU. Beliau mengucapkan selamat datang kepada para siswa, dan mengharapkan agar mereka dapat memanfaatkan waktu kunjungan ini sebaik mungkin dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang teknologi satelit. Setelah itu, wali kelas 6, Latifah Ufairah Zahidah Zulfa menyampaikan rasa terima kasihnya karena telah disambut dengan baik oleh Tim Diseminasi Pusteksat. Beliau berharap, dengan melakukan kunjungan ini siswa siswi mendapatkan ilmu dan informasi yang bermanfaat bagi diri sendiri dan sekitarnya.

“Jangan berisik ya, yang tenang!” ucap salah satu guru Sekolah Dasar tersebut sesaat sebelum presentasi mengenai Profil LAPAN diterangkan oleh Sujiati, S.E., M.Si. Setelah itu, para siswa mulai serius mendengarkan paparan yang disampaikan. Selanjutnya, pemaparan disampaikan oleh Perekayasa Pusteksat LAPAN, Rommy Hartono, S.T., dan didampingi oleh Analis Pemanfaatan Produk Teknologi Dirgantara, Amrullah Abdul Qadir, S. T., yang menjelaskan tentang sejarah LAPAN, arti, dan fungsi satelit. Selama paparan disampaikan, para siswa terlihat sangat serius dalam menyimak topik yang disampaikan. 

Mereka sangat antusias dan benar-benar memanfaatkan waktu yang ada untuk memuaskan rasa penasaran yang mereka miliki dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan. “apakah ada satelit yang setelah diluncurkan gagal mengorbit?” salah satu pertanyaan yang diajukan oleh Ibaadurrahman Ali Mas’ud yang langsung disambut tepuk tangan oleh seluruh peserta yang hadir membuat suasana kunjungan ini semakin hangat dan menyenangkan. 


Selain pemaparan materi yang dipresentasikan, para siswa mendapat kesempatan untuk mengunjungi fasilitas yang dimiliki oleh Pusteksat LAPAN. Untuk fasilitas yang pertama, mereka berkesempatan memasuki langsung laboratorium Assembly, Integration, and Test (AIT), Gedung Bengkel, Gedung BUS Satelit, dan diakhiri kunjungan ke fasilitas Ground Station (GS). 

Setelah kunjungan berakhir, Tim Pusteksat mencoba meminta kesan dan pesan dari guru yang mendampingi. Mereka menyatakan kesan selama kunjungan memuaskan dan terharu atas sambutan yang diberikan oleh Pihak Pusteksat, yang begitu berbeda dan sangat luar biasa. Harapan ke depan mereka dapat kembali berkunjung. Pesan untuk Pusteksat yaitu lebih maju dan sukses untuk mengembangkan teknologi satelitnya dan berbangga karena Indonesia memiliki Pusteksat.
Acara diakhiri dengan sesi foto bersama dan penyerahan cenderamata dari kedua belah pihak.






Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL