Berita

Layanan Teknologi


Sosialisasi Kegiatan Antariksa LAPAN terhadap masyarakat Gorontalo
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : edrbgr • 25 Mar 2018 • Dibaca : 804 x ,

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sebagai lembaga riset berkewajiban memberikan informasi hasil litbangyasa terhadap masyarakat luas, Sosialisasi Kegiatan Keantariksaan 2018 yang bertempat di Kecamatan Limbotoh Kabupaten Gorontao, bertujuan untuk menyampaikan hasil penelitian dan pengembangan yang selama ini kerjakan oleh LAPAN. Turut hadir dalam acara tersebut anggota MPR / DPR Dr. Ir Fadel Muhammad, Kepala Balai Litbang Kabupaten Gorontalo Dr. Zainal Abidin Umar, M.Si., Rektor Universitas Gorontalo Dr. Ibrahim Ahmad, SH., MH, kepala Pusat Teknologi Satelit Ir. Mujtahid, M.T., Kepala Bidang Diseminasi Pusteksat Wahyudi Hasbi, S.Si, M.Kom, Ana Hasanah Fadel Muhamat serta mahasiswa dan masyarakat sekitar, 21 Maret 2018.

Acara diawali sambutan oleh Zainal Abidi selaku perwakilan daerah Kab. Gorontalo, yang menyampaikan rasa terima kasih telah dijadikan Gorontalo sebagai tempat Sosialisasi Kegiatan Keantariksaan dan diharapkan bisa melakukan kegiatan riset bersama yang dapat mengembangkan Gorontalo kedepan.

“Saat ini kami sedang melakukan riset tentang Techno Park, sangat berharap dalam rangka kajian dan pengembangan Science Techno Park bisa terealisasi , karena ini adalah tugas kami di bidang riset daerah Gorontalo dimana dalam kawasan Techno park tersebut berbagai teknologi inovasi bisa langsung di perlihatkan dan di manfaatkan oleh masyarakat” ujarnya. 



Dalam sambutan serta paparannya Mujtahid menyampaikan terima kasih bisa diterima di Gorontalo dan berharap dengan acara ini LAPAN selaku lembaga riset bisa melakukan kerja sama terhadap pemerintah serta universitas yang berada di Gorontalo, lalu dilanjutkan dengan pamaparan, Mujtahid menyampaikan tentang hasil litbangyasa LAPAN yang selama ini di lakukan dan sudah di manfaatkan oleh masyarakat.

“LAPAN dapat mendeteksi Zona Potensi Penangkapan Ikan ( ZPPI) yang di kembangkan oleh Pusat Pemanfaatan Pengindraan Jauh, berbagai citra satelit yang berguna untuk pertanian, perkotaan, kependudukan, potensi pajak dan lain sebagainya yang dikembangkan oleh Pusat Data pengindraan jauh, pemantauan benda jatuh di ruang angkasa oleh Pusat Sains Antariksa, Sistem Embaran Maritim ( SEMAR) yang di kembangkan oleh Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer. Lalu dalam Teknologi Penerbangan dan antariksa, LAPAN sudah mengorbitkan satelit dengan nama satelit LAPAN-A1/LAPAN-TUBsat, Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI dan satelit LAPAN-A3/LAPAN IPB yang diperlihatkan dalam roadmap Satelit LAPAN, pesawat Nurtanio N219, pesawat tanpa Awak yang di kembangkan oleh Pusat Teknologi Penerbangan dan yang terahir adalah Roket yang di kembangkan oleh Pusat Teknologi Roket yang direncanakan roket tersebut di gunakan untuk roket pengorbit satelit” tuturnya.



Dalam kegiatan tersebut wakil ketua komisi VII DPRRI yang membidangi Energi Sumber Daya Mineral, Riset & Teknologi dan Lingkungan Hidup, Fadel Muhammad menekankan bahwa dalam acara ini ada tiga hal yang harus di perhatikan pertama mengsosialisasikan mengenai LAPAN, kedua melihat Gorontalo dari dekat dan yang terahir mempersiapkan kerja sama dengan pemerintah daerah universitas yang berada di Gorontalo, lanjut dalam penyampainnya beliau mengatakan pentingnya ilmu pengetahuan untuk mengetahui antariksa karena dengan itu potensi-potensi yang berada di bumi bisa diketahui, dan beliau meminta kepada LAPAN untuk meneliti potensi-potensi yang berada di Teluk Tomini untuk diteliti karena di daerah teluk tersebut dilewati khatulistiwa, “menurut penelitian Prof. Dr. Mars ahli biologi laut di dunia ada beberapa tempat teluk yang di lewati khatulistiwa mempunyai keunikan tersendiri dari ikan , karang dan mahluk lain di teluk tersebut, mohon LAPAN, Pemerintah daerah dan Univ Gorontalo melakukan penelitian bersama” tegasnya,

Diharapkan dengan sosialisasi ini, masyarakat, universitas, mahasiswa dan pemerintah daerah bisa mengetahui apa saja yang dilakukan oleh LAPAN dan bisa memajukan Gorontalo di bidang Penerangan dan Antariksa, dan acara di akhiri dengan penyerahan cenderamata. 







Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL