Berita

Layanan Teknologi


Diseminasi Pengembangan Teknologi Satelit LAPAN dalam Seminar Nasional Teknologi Kreatif dan Inovatif di Institut Teknologi Medan
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : Sujiati • 09 Mar 2018 • Dibaca : 859 x ,

Institut Teknologi Medan (ITM) telah mengundang Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dalam rangkaian kegiatan “ DEMOTECH 2018”. Sebagai pembuka rangkaian acara tersebut yaitu Seminar Nasional dengan tema “ Teknologi Kreatif dan Inovatif untuk Menyongsong Era Globalisasi Demi Kesejahteraan Masyarakat”.

Bertempat di Gedung Aula Institut Teknologi Medan (ITM), rangkaian acara seminar dimulai pada pukul 08.00 WIB pada tanggal 5 Maret 2018. Seminar tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor 4, Ir. Mustafa, M.T., Ketua Yayasan Sosial Dwi Warna Medan, Dr. Ir. Hamzah Lubis. M.Si, dan Dekan Fakultas Teknik Industri, Dr. Ir. Suwarno, M.T. Selain itu, seminar tersebut juga dihadiri oleh tiga pemateri yang berasal dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Dr. Misbah Fikrianto, M.M., M.Si., Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Dr. Mulya Juarsa, S.Si., MESc dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( LAPAN), Abdul Karim, S.T., M.T.
Seminar tersebut diikuti oleh 200 peserta, yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Mesin-Institut Teknologi Medan (HMM-ITM). Acara diawali dengan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Darah Juang, Mars ITM, Hymne Teknik dan Mars Mesin. Setelah itu, sambutan disampaikan oleh Ketua Panitia Demotech 2018, Ketua Umum HMM-ITM, Pasca Badan Harian (BPH HMM-ITM), Ketua Umum Forum Komunikasi Sumatera Utara (FKMTM-SU), Badan Pekerja Nasional (BPN), Dekan fakultas Teknologi Industri, dan Ketua Yayasan Dwi Warna. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa dengan adanya seminar tersebut diharapkan para mahasiswa ITM dapat lebih mengenal LAPAN dan kegiatan penelitiannya, khususnya dibidang persatelitan Indonesia dan beliau berharap agar kegiatan ini dapat mengangkat ITM menjadi lebih baik lagi. 

Roadmap Pengembangan Satelit-LAPAN, Satelit LAPAN-A1/LAPAN-TUBsat, Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI, Hasil-hasil Citra Satelit LAPAN-A2, Pengamatan Maritim, Pengembangan Satelit LAPAN-A4, pengembangan Satelit Radar, Trend Perkembangan dan Industri Satelit dan Perkembangan Satelit Tetangga. Selain itu, beliau juga menyampaikan antusiasnya atas kerja sama yang berhasil terjalin antara kedua instansi ini. Beliau juga menyampaikan bahwa Pusteksat juga menerima mahasiswa bimbingan program praktik kerja. Abdul Karim juga menjelaskan layanan-layanan yang tersedia di Pusteksat - LAPAN meliputi layanan informasi, data, asistensi penelitian, hingga studi ekskursi.

Setelah paparan selesai, maka akhirnya dibuka sesi diskusi antara mahasiswa peserta seminar serta para pemateri. Mahasiswa yang hadir sangat antusias, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan.


Acara dilanjutkan dengan diresmikannya pameran stand mahasiswa ITM, berupa prosesi gunting pita, yang dilanjutkan dengan kunjungan ke stand-stand mahasiswa yang menampilkan beraneka hasil karya cipta mahasiswa ITM. Acara pun diakhiri dengan pemberian cenderamata dan foto bersama. 

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL