Berita

Layanan Teknologi


Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian- Institut Pertanian Bogor (IPB) berkunjung ke Pusteksat-LAPAN untuk Pelajari Perkembangan Satelit LAPAN-A5
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : edrbgr • 10 Mar 2018 • Dibaca : 1101 x ,

Dalam rangka meningkatkan pemahaman serta menunjang perkuliahan pada mata kuliah Teknik Radar Interferometri, Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknologi Pertanian-Institut Pertanian Bogor pada tanggal 8 Maret 2018 melakukan kunjungan ke Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat)-LAPAN. Mahasiswa yang hadir berjumlah tujuh puluh sembilan (79) orang dengan lima (5) dosen pembimbing. Kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan mahasiswa tentang satelit LAPAN-A5 yang sedang dikembangkan oleh Pusteksat-LAPAN, serta kegunaannya dalam pemantauan daratan serta lautan.

Kegiatan berlangsung di Gedung Serbaguna Pusteksat-LAPAN dan disambut oleh Plh. Kepala Pusat Teknologi Satelit, Abdul Karim, S.T., M.T. Selain itu, tim LAPAN-A5 yang dipimpin oleh Dr. Ir. Robertus Heru Triharjanto, M.Sc. dan Tim Diseminasi Pusteksat-LAPAN juga turut menghadiri kegiatan tersebut.

Acara diawali dengan sambutan oleh Abdul Karim S.T., M.T. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada segenap mahasiswa yang telah hadir ke Pusteksat-LAPAN. Harapan beliau mahasiswa IPB tersebut bisa mendapatkan wawasan baru terkait satelit yang dikembangkan oleh LAPAN, khususnya satelit LAPAN-A5. Beliau kemudian memaparkan tentang LAPAN, baik visi, misi, kedudukan dan berbagai Satuan Kerja LAPAN yang tersebar di seluruh Indonesia.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari pihak IPB yang diwakili oleh Ir. Mahmud A. Raimodoya, M.Sc., selaku koordinator kunjungan. Beliau mengucapkan rasa terima kasih kepada segenap Manajemen Pusteksat yang telah memberikan kesempatan kepada mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian-IPB untuk dapat berkunjung ke Pusteksat-LAPAN. Mereka berkunjung dengan maksud untuk lebih mengetahui banyak hal tentang satelit, khususnya satelit SAR) yang sedang dikembangkan oleh Pusteksat-LAPAN. Satelit ini merupakan suatu bentuk kemajuan dari optik satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB ke satelit LAPAN-A5. Selama ini mahasiswa tersebut belajar secara teori di kelas, dan pada kesempatan tersebut mereka bisa langsung mengetahui lebih banyak tentang satelit tersebut di Pusteksat-LAPAN. 

Selanjutnya, acara diisi oleh paparan yang disampaikan oleh Dr. Ir Robertus Heru Triharjanto. M.Sc., dengan judul “System Design Lapan-A5/Chibasat”. Beliau mengawali paparan dengan pengenalan satelit radar yang telah digunakan di berbagai negara dan manfaat data satelit tersebut dalam berbagai bidang kehidupan. Selain itu, beliau juga memaparkan tentang proses pengembangan satelit LAPAN-A5. Ke depannya, data yang dihasilkan Satelit LAPAN-A5 tersebut memiliki manfaat dalam berbagai keperluan pemantauan, seperti pemantauan kapal, pergerakan tanah dan gunung berapi. 

  
Paparan yang kedua di sampaikan oleh Dwiyanto, M.T. Beliau menjelaskan tentang Payload LAPAN-A5, bahwa satelit LAPAN-A5 mempunyai beberapa misi, diantaranya pemantauan lahan, monitoring pergerakan kapal dan Cryosphere Monitoring (Iceberg), yaitu untuk pengoperasian satelit dengan metode Stripmap (SMM) dan Spotlight (SLM). Selain itu,beliau juga menjelaskan tentang keuntungan Satelit LAPAN-A5 menggunakan polarisasi lingkaran dalam operasinya nanti.


Acara selanjutnya yaitu sesi tanya jawab,yang dipandu langsung oleh Dr. Harry Septanto ,M.T. Antusiasme terlihat dari banyaknya mahasiswa yang mengajukan pertanyaan. Beberapa pertanyaan yang diajukan antara lain bagaimana mengatur satelit agar tidak terjadinya tabrakan dan apakah satelit bisa pindah orbit yang dari sebelumnya. Pertanyaan tersebut langsung dijawab oleh Dr. Robertus Heru. M.Sc. Dengan adanya tanya jawab ini seluruh mahasiswa bisa mengetahui lebih banyak tentang satelit sehingga memberikan pemahaman yang lebih baik kepada semua mahasiswa.



Setelah sesi tanya jawab berakhir, acara dilanjutkan dengan serah terima cinderamata oleh Plh. Kepala Pustekat-LAPAN, Abdul Karim S.T., M.T kepada Dr. Ir. Nora H. Panjaitan, DEA, begitupun sebaliknya untuk mewakili masing-masing instansi. Acara dilanjutkan dengan kunjungan ke fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh Pusteksat LAPAN. Kunjungan yang pertama ke laboratorium (AIT), yang didampingi oleh M. Taufik, M.T. Setelah itu, mereka melanjutkan kunjungan ke Gedung Pusat Operasi Satelit-LAPAN yang didampingi oleh Ade Putri Septi Jayani, S.T. 
Kunjungan tersebut resmi ditutup dengan sesi foto bersama.





Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL