Berita

Layanan Teknologi


Kunjungan Delegasi Japan External Trade Organization (JETRO) ke Pusat Teknologi Satelit, LAPAN
Penulis Berita : Heru Triharjanto • Fotografer : Doni • 08 Mar 2018 • Dibaca : 775 x ,

Pada tanggal 20 Februari 2018, Pusat Teknologi Satelit mendapat kunjungan dari Japan External Trade Organization (JETRO), organisasi yang mempromosikan perdagangan dan investasi antara Jepang dan negara-negara sahabat. Delegasi Jepang terdiri Horoyuki Iwamatsu dari JETRO dan Masaru Aoki, dari Digital Signal Technology (DST), sebuah perusahaan yang memproduksi perangkat radio-modem, diantaranya untuk satelit mikro. Mereka direkomendasikan oleh Chiba University untuk mengunjungi Pusat Teknologi Satelit, untuk berdiskusi mengenai kemungkinan kerja sama dengan perusahaan Jepang, yang di fasilitasi oleh JETRO dan JICA, dalam program satelit LAPAN. Delegasi diterima oleh Tim LAPAN-A5/ChibaSat Pusteksat, yakni Dr. Robertus Heru Triharjanto, Dr. Harry Septanto, Dwiyanto, MT, dan Iwan Faizal, ST. 
Delegasi Jepang menyampaikan bahwa program satelit mikro di Jepang umumnya melibatkan small medium enterprise (SME), seperti DST. Perusahaan tersebut telah beberapa kali memasok komponen satelit ke program satelit mikro Jepang, dan saat ini bekerjasama dengan Chiba University untuk pengembangan salah satu komponen muatan LAPAN-A5/ChibaSat. Juga disampaikan bahwa saat ini komponen satelit mikro Jepang sangat terbuka untuk ekspor. Untuk komponen-komponen yang umumnya dibuat oleh SME tersebut, JETRO membantu melakukan konsolidasi untuk pemasaran, diantaranya dengan membuat semua komponen yang tersedia dalam 1 katalog online. 
  
Delegasi Jepang diantaranya menanyakan tentang struktur organisasi dan pendanaan program LAPAN-A5/ChibaSat. Tim Pusteksat menyampaikan bahwa dalam program satelit tersebut, pengembangan bus satelit dan muatan AIS adalah tanggung jawab LAPAN, yang mendapatkan dana dari pemerintah Indonesia, dan pengembangan muatan SAR adalah tanggung jawab Chiba University, yang mendapatkan dana dari kementerian riset dan pendidikan tinggi Jepang (MEXT). Organisasi yang menjadi peserta program dibawah LAPAN maupun Chiba University hanya akan dibicarakan bersama jika terkait dengan intellectual property milik bersama. Sehingga LAPAN tidak berhubungan dengan perusahaan/lembaga yang menjadi rekan Chiba (seperti DST untuk komponen, atau JAXA untuk pengujian). Demikian juga dengan LAPAN, dimana Chiba University tidak berhubungan dengan pemasok komponen bus satelit. Disampaikan juga bahwa saat ini sebagian besar komponen bus satelit LAPAN yang tidak dibuat sendiri, berasal dari Eropa, yang merupakan heritage dari pengembangan satelit sebelumnya. Hingga kini, belum ada SME Indonesia yang bisa mengembangkan komponen satelit. Adapun mengenai pengujian satelit (secara system dan subsystem), kemungkinan saat dilakukan integrasi LAPAN-A5/ChibaSat, seluruh peralatan uji yang diperlukan sudah ada di Pusteksat, sehingga tidak perlu untuk menggunakan fasilitas milik lembaga lain. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi risiko proses pengembangan. 


Tim Pusteksat menyampaikan bahwa LAPAN terbuka untuk berkerja sama dengan pihak manapun dalam pengembangan satelit. Diantaranya tengah melakukan kampanye nasional untuk menjaring universitas dan lembaga riset yang berminat untuk bergabung dalam pengembangan LAPAN-A5/ChibaSat, terutama dalam pembuatan model koreksi dan penggunaan data SAR. Delegasi JETRO menyampaikan bahwa karena program LAPAN-A5/ChibaSat merupakan kerja sama Indonesia-Jepang, maka dimungkinkan untuk mendapatkan pendanaan pendamping dari Japan-Indonesia Cooperation Agency (JICA), untuk kampanye pengujian dan penggunaan data SAR tersebut, bahkan untuk capacity building bagi SME Indonesia agar kelak dapat memproduksi komponen satelit. Tim Pusteksat sangat menghargai jika wacana tersebut bisa terealisasi, dimana pihak JETRO akan perlu menyiapkan proposal sebelum September 2018, untuk pendanaan tahun 2019.

Kunjungan ditutup dengan courtesy visit dengan Kepala Pusat Teknologi Satelit, Ir. Mutjahid, MT, dan kemudian delegasi JETRO melanjutkan perjalanan ke Bandung, untuk berkunjung ke Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi (PPET) LIPI. 

                           


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL