Berita

Layanan Teknologi


Kunjungan Tim Survey JICA ke Pusteksat
Penulis Berita : R Heru Triharjanto • Fotografer : Doni • 24 Feb 2018 • Dibaca : 1314 x ,

Dalam rangka kerja sama bilateral yang dilakukan oleh Cabinet Office Jepang dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI, mengenai Development of Satellite Data Utilization and Application for Indonesian Maritime Affairs, tim dari Japan International Cooperation Agency (JICA) melakukan kunjungan kerja ke Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat), LAPAN. Tim yang berkunjung pada tanggal 17 Januari 2018 tersebut terdiri dari yang dilakukan dari Osamu Kashimura, dan Shinsaku Nakamura dari Japan Space System, Yoshinori Kobayashi dari Japan Space Forum, Masahiko Nagai dari Yamaguchi University, serta Mayuko Saito dari Nusantara Research Institute. 
  
Dalam kunjungan tersebut tim JICA disambut oleh Kabid Program & Fasilitas Abdul Karim, Chief Engineer LAPAN-A4 M. Arif Saifudin, dan Peneliti Madya Robertus Heru Triharjanto. Salah satu informasi yang ingin didapat oleh tim JICA adalah mengenai program satelit LAPAN, khususnya mengenai misi satelit LAPAN bagi pemantauan maritim. Tim LAPAN menyampaikan bahwa jalur pengiriman data AIS LAPAN-A2/LAPAN-ORARI dan LAPAN-A3/LAPAN-IPB ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah disiapkan sejak akhir tahun lalu. Data yang sudah kompatibel dengan sistem integrasi pengawasan maritim, yang merupakan heritage dari program INDESO, tersebut dapat digunakan dalam identifikasi kegiatan illegal di laut. Juga disampaikan bahwa di program satelit LAPAN selanjutnya, yakni LAPAN-A4 dan LAPAN-A5/ChibaSat akan membawa AIS dengan kinerja yang lebih baik, sehingga akan bisa menjamin kontinuitas data bagi pengawasan maritime di Indonesia. Bahkan LAPAN-A5/ChibaSat akan membawa muatan synthetic aperture radar (SAR) yang akan bisa lebih membantu identifikasi kegiatan illegal di laut Indonesia.

 

Selain berdiskusi, selama kunjungan tim JICA juga melihat fasilitas integrasi dan operasi satelit di Pusteksat, LAPAN. Disampaikan pula bahwa mengenai rencana peningkatan fasilitas di Pusteksat dalam beberapa tahun mendatang, yang akan lebih menjamin keandalan proses pembuatan satelit kelas mikro di Indonesia. Informasi tersebut akan menjadi masukan bagi perumusan implementasi kerja sama pengawasan maritim Indonesia-Jepang selanjutnya, dimana salah satu yang diwacanakan adalah Indonesia menjadi bagian dari konstelasi satelit mikro yang diinisiasi oleh pemerintah Jepang. Dalam skenario tersebut, beberapa satelit mikro akan dibangun di Pusteksat. 

                                                                 Tim JICA mengunjungi ruang kendali satelit LAPAN


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL