Berita

Layanan Teknologi


Studi Ekskursi Mahasiswa Politeknik Negeri Malang Sebagai Upaya Pemahaman Tentang Satelit
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : Tim Web Pusteksat • 11 Feb 2018 • Dibaca : 1041 x ,

Mahasiswa program studi (prodi) Jaringan Telekomunikasi Digital, Politeknik Negeri Malang pada 8 Februari 2018 melakukan studi ekskursi ke Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) LAPAN. Peserta yang hadir berjumlah sembilan puluh (90) mahasiswa dengan didampingi oleh dua (2) dosen pembimbing. Dengan tema "Get The Experience To Reach Bright Telecommunication”, kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan mahasiswa di bidang teknologi penerbangan dan antariksa, mempelajari secara praktek terkait satelit, dan regulasi sistem pengendalian satelit di Indonesia. 

Kegiatan berlangsung di Gedung Serbaguna Pusteksat LAPAN dan disambut oleh Kepala Subbagian Sumber Daya Manusia dan Tata Usaha (Kasubbag SDM dan TU) Sujiati, S.E., M.Si., dan juga oleh Tim Diseminasi Pusteksat LAPAN. Diawali dengan sambutan dari pihak Politeknik Negeri Malang, Junaedi selaku dosen pendamping menjelaskan bahwa Pusteksat LAPAN menjadi salah satu tempat untuk berkunjung karena mahasiswa Prodi Jaringan Telekomunikasi Digital sudah mempelajari tentang satelit sehingga kunjungan tersebut memang memiliki keterkaitan dengan materi yang telah mereka pelajari.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dan pengenalan lembaga oleh Kasubbag SDM dan TU Sujiati, S.E., M.Si. Dalam kesempatan tersebut, Sujiati menyampaikan rasa terima kasih kepada segenap mahasiswa dan dosen pendamping karena telah berkunjung ke Pusteksat LAPAN dan berharap kunjungan tersebut dapat memberikan semangat kepada semua mahasiswa agar kedepannya mampu memberikan yang terbaik untuk Bangsa Indonesia. Beliau menyampaikan bahwa Pusteksat LAPAN adalah tempat yang tepat bagi mahasiswa yang ingin mempelajari satelit karena di Pusteksat mereka dapat melihat secara langsung fasilitas-fasilitas yang dimiliki, baik dari perakitan, integrasi, dan uji satelit sebelum diluncurkan di orbit. 


Selanjutnya, pemaparan materi disampaikan oleh Perekayasa Pusteksat LAPAN, Rommy Hartono,S.T., yang menjelaskan tentang roadmap, fasilitas yang dimiliki, kerjasama yang dijalin, dan litbangyasa masing-masing satelit yang telah dibuat oleh Pusteksat LAPAN beserta misinya. 

Antusiasme terlihat dari banyaknya mahasiswa yang mengajukan pertanyaan. Beberapa pertanyaan yang diajukan antara lain bagaimana mengendalikan satelit di orbit, apakah menggunakan bahan bakar, dan bagaimana satelit bertahan di orbit sehingga tidak jatuh. Pertanyaan tersebut dijawab oleh Amrullah Abdul Qadir S.T., selaku Analis Pemanfaatan Produk Teknologi Dirgantara. Beliau memaparkan secara jelas sehingga memberikan pemahaman yang lebih baik kepada semua mahasiswa. 
Sebelum sesi tanya jawab berakhir, Sujiati memberikan informasi bahwa Pusteksat LAPAN membuka kesempatan kepada mahasiswa yang ingin melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Pusteksat dengan mengikuti beberapa prosedur yang telah ditetapkan. 

Setelah sesi tanya jawab berakhir, acara dilanjutkan dengan serah terima cinderamata oleh Sujiati kepada Junaedi, begitupun sebaliknya untuk mewakili masing-masing instansi. Acara dilanjutkan dengan mengunjungi fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh Pusteksat LAPAN. Fasilitas tersebut antara lain meliputi Laboratorium Assembly, Integration, and Test (AIT) Satelit, Gedung Workshop Mekanik Satelit, dan Gedung Pusat Operasi Satelit. Acara kunjungan tersebut resmi ditutup dengan sesi foto bersama.























Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL